MANFAAT dan kandungan KEMIRI



Iklan Single (Bawah Judul)

Kemiri dulu dikenal sebagai minyak penumbuh dan penyubur rambut, bila digunakan secara teratur dengan mengoleskan minyak kemiri ke kulit kepala, rambut akan tumbuh sehat, lebat dan berkilau. Biji kemiri juga diyakini berkhasiat mengobati buang air besar yang berdarah, diare, disentri, sakit perut, sembelit, demam, sariawan dan sakit gigi.

Kemiri mengandung zat gizi dan nongizi, zat non gizi dalam dalam kemiri misalnya saponin, falvonoida dan polifenol. Banyak peneliti telah membuktikan bahwa ketiga komponen ini memiliki arti besar bagi kesehatan. Kandungan zat gizi mikro yang terda[pat dalam kemiri adalah protein, lemak dan karbohidrat. Mineral dominan yang terdapat dalam kemiri adalah kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Dalam kemiri juga terkandung zat besi, seng, tembaga dan selenium dalam jumlah sedikit. Kandungan penting lainnya adalah vitamin, folat, serta fitosterol yang dapat merusak enzim pembentuk kolesterol  dalam hati sehingga dapat menghambat pembentukan kolesterol.

Protein pada biji kemiri terdiri dari asam amino essensial maupun non esensial, fungsi asam amino esensial antara lain untuk pertumbuhan karena asam amino terdapat di semua jaringan dan membentuk protein dan antibody. Asam amino non esensial yang menonjol pada kemiri yaitu asam glutamate dan asam aspartat. Keberadaan asam glutamate yang memberikan rasa nikmat ketika kemiri digunakan sebagai bumbu dapur yang dapat menjadi pengganti penyedap masakan seperti MSG.

Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong, minyak yang di ekstrak dari bijinya berguna dalam industry untuk digunakan sebagai bahan campuran cat dan dikenal sebagai tung oil.

Minyak kemiri digunakan sebagai bahan tambahan dalam perawatan rambut, sedang bijinya dapat digunakan sebagai obat pencahar.

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "MANFAAT dan kandungan KEMIRI" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori Herbal. Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2011/08/manfaat-dan-kandungan-kemiri.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Minggu, 21 Agustus 2011, pukul 01.13. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3