Mengenal dan Manfaat pacar air



Iklan Single (Bawah Judul)

Dahulu sebelum cat kuku atau kutek belum beredar, para remaja dusun memanfaatkan pacar air untuk mewarnai kukunya. Tapi beda dengan cat kuku yang hanya melapisi kuku bagian luar, warna yang dihasilkan pacar air bisa meresap sampai ke kuku dan lebih alami. Pada masyarakat bali, pacar air dijadikan sebagai salah satu pelengkap sesaji untuk sembahyang.

Manfaat pacar air selain hanya sebgai pacar/ pewarna kuku dan sarat ritual ternyata juga mempunyai khasiat yang sangat baik untuk membantu kesehatan manusia, misalnya sebagai penghilang rasa sakit pada bagian-bagian tertentu tubuh, meringankan rematik, dan merontokkan bisul-bisul.

Pacar air tumbuhan sibuk berbunga

Tanaman ini mudah untuk ditanam dan sangat rajin berbunga, awal munculnya konon dari india. Entah siapa yang pertama kali membawanya sampai ke Indonesia, yang pasti tanaman ini sering kita lihat menghiasi halaman depan rumah. Tinggi tanaman ini berkisar antara 30-80 cm, daunnya tunggal, berbentuk memanjang dengan pinggir bergerigi dan berujung runcing. Bunganya terdiri dari 5 helai kelopak bunga dan warnanya beragam. Tanaman ini termasuk rajin berbunga karena 1-2 bulan selalu berbunga,  buah pacar air buah kendaga dan bila telah masak buah yang seukuran seruas jari kelingking dengan biji-bijian didalamnya ini akan pecah dengan sendirinya bila telah masak.

Bagian pada tanaman ini yang dapat dibuat obat adalah bunga, akar, daun dan bijinya. Rasanya pahit dan hangat karena termasuk familia balsaminaceae yang mempunyai khasiat melancarkan peredaran darah dan melunakkan benjolan-benjolan. Bunga pada tanaman pacar air mengandung zat anthocyanin, cyanidin, delphinidin, pelargonidin, malvidun, kaempherol, quercitin. Sedang pada akarnya terdapat zat cyaniding dan monoglycosine.

Warning……

Meski memiliki banyak khasiat,ternyata pacar air juga mengandung racun.karena itu penggunaanya mesti hati hati .dalam salah satu bukunya,professor hembing wijayakusuma mengingatkan bawa wanita hamil dilarang memanfaatkan tumbuhan ini .dan pada pemakaian yang terlalu lama (lebih dari seminggu),mulut kemungkinan akan terasa kering(xerostomia),mual(nausea),atau bahkan hilangnya nafsu makan (anorexia).tapi,gejala _gejala itu akan hilang setelah dosis diturunkan atau malah dihentikan selama2_3 hari.

Senada dengan prof.hembing yang menyarankan agar penggunaan untuk penyakit berat dikonsultasikan dulu ke dokter,dr.Amarullah H.siregar,MSc,PhD,juga mengingatkan bahwa tiap memiliki dosis pengobatan masing_masing.dan untuk gejala yang sama sekalipun ,tidak bisa diberlakukan pengobatan yang sama.makanya,ahli naturopati dan homeotopi itu mengatakan bahwa penggunaan tanaman obat tradisional akan lebih maksimal jika diikuti dengan konsultasi dan pemeriksaan medis atau laboratorium.

Sifat dan khasiat

Biji pacar air rasanya pahit, pedas, hangat dan sedikit toksik yang berkhasiat sebagai penghenti pendarahan (hemostatis), meningkatkan fungsi pencernaan, mempunyai efek melunakkan massa yang keras (tumor), anti kanker,peluruh haid dan mempermudah persalinan.

Akarnya berfungsi sebagai anti radang dan peluruh  haid, sedangkan daunnya berkhasiat menghilangkan rasa nyeri serta bunga dari pacar air mempunyai fungsi sebagai peluruh haid, abortivvum dan membuyarkan pembekuan darah.

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Mengenal dan Manfaat pacar air" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori Herbal. Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2011/08/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Kamis, 25 Agustus 2011, pukul 17.39. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3