TIPS MERAWAT GIGI ANAK



Iklan Single (Bawah Judul)


Jangan anggap remeh kesehatan gig dan mulut anak, perawatan dan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sebaiknya dimulai sejak dini. Masa kanak-kanak adalah waktu yang tepat untuk merawatnya, perawatan gigi sejak dini sangat penting untuk menghindari proses kerusakan gigi seperti gig berlubang, keropos dan pembengkakan pada gusi. Orang tua memegan peranan penting dalam perawatan gigi anak karena orang tua yang secara langsung setiap hari berinteraksi dengan anak.
Berikut ini beebrapa tips menyikat gigi anak agar giginya tetap sehat
1.       Gunakan sikat gigi yang berukuran kecil dengan bulu sikat yang lembut.
Kini begitu banyak pilihan sikat gigi yang tersedia untuk si buah hati,  pilihlah yang berukuran kecil dan cocok dengan mulut anak anda,usahakan memilih yang bulu sikatnya lembut
2.       Gunakanlah pasta gigi dalam jumlah sedikit.
Gunakan pasta gigi seukuran kacang saja agar tidak terlalu banyak menghasilkan busa yang dapat mengangganggu penyikatan.
3.       Posisi terbaik menyikat gig
Berdiri dibelakang atau disamping anak adalah hal yang paling mudah, peganglah sikat gigi dalam posisi yang cocok, tepat dan menyenangkan bagi anda dan anak anda.
4.       Gunakanlah pembatas waktu atau timer
Dokter gigi anak menyarankan waktu menyiat gigi anak adalah 3 menit, atur sendiri waktu menyikat gigi anak anda dan gunakan pengukur waktu yang menarik.
5.       Sikatlah gigi-gigi belakang terlebih dahulu
Penyikatan dua menit pertama sebaiknya difokuskan pada bagian atas dan bagian bawah gigi belakang anak anda, dimana pada permukaan tersebut lubang gigi biasanya muncul. Gunakan gerakan pendek dan memutar seperti yang anda lakukan saat menyikat gigi anda sendiri.
6.       Berkumurlah dengan seksama
Pastikan mengajarkan anak anda berkumur yang benar dengan mendesirkan air didalam mulutnya kemudian mengeluarkannya. Menelan terlalu banyak pasta gigi dapat menimbulkan kondisi yang disebut fluorites dan dapat menyebabkan pembentukan white spots atau bintik putih pada gigi.
7.       Akhiri dengan menyikat gigi bagian depan
Akhiri dengan memfokuskan penyikatan pada bagian atas dan bawah gigi-gigi depan. Buat sudut penyikatan yang nyaman dan fleksibel buat anda, jangan lupa untuk menyikat sisi yang berhadapan dengan lidah dan bibir.
8.       Flossing ( membersihkan sela gigi dengan benang gigi )
Sebaiknya memulai flossing ketika gigi anak anda mulai berkontak satu dengan yang lainnya, anda dapat menggunakan dental floss (benang gigi) khusus untuk anak-anak. Pastikan anda melakukan flossing dengan hati-hati dan lembut di bagian bawah garis putih.
9.       Berikan pujian untuk gigi anak anda
Berikan selamat kepada anak anda yang telah melakukan pekerjaan hebat dan berikan pujian pada giginya yang tampak indah berkilau karena  dengan memuji dapat memotivasi dia untuk menaruh perhatian pada kesehatan gigi dan mulutnya.


Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "TIPS MERAWAT GIGI ANAK" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori Tips kesehatan. Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2011/08/tips-merawat-gigi-anak.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Jumat, 26 Agustus 2011, pukul 22.45. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3