TIPS MINUM OBAT



Iklan Single (Bawah Judul)

MAKANAN DAN MINUMAN YANG TIDAK BOLEH DIGABUNG DENGAN OBAT

Makanan meerupan sumber energy tetapi ada makan dan minuman yang sebaiknya tidag digabung ketika anda minum obat karena bisa membuat obat itu tidaak berguna ataiu justru akan membahayakan tubuh anda. Makanan dan minuman itu anta lain :

Jus buah

Grapefruit mengandung senyawa yang di sebut dengan furanokumarin yaitu zat yang bisa mencegah enzim dalam usus uantuk menjaga benda asing tetap berada di luar sehingga tidak bekerja secara optimal. Kondisi ini membuat lebih banyak oabt yang diserap sehingga efektifitasnya bisa 2-3 kali lipat dari dosis yang di anjurkan

Produk yang terbuat dari susu

Kalsium dalam susu bisa mengikat tertasiklikk dan minosiklik dari antibiotic, jika kandungan antibiotic ini digabung dengan mineral akan membuatnya tidak larut dalam usus sehingga juga tidak diserap oleh tubuh. Mengkonsumsi setengan liter susu bisa mengurangi efektifitas antibiotic hingga 80%, hindari minum susu dalam jangka 2 jam sebelum minum obat

Makanan fermentasi

Makanan hasil fermentasi seperti keju yang mengandung tyramine dalam konsentrasi tinggi bisa menyebabkan “sindrom keju”. Tyramine akan bereaksi dengan obat antidepresan yang disebut monoamine oxidase inhibitor (MAOIs) dengan mencegah enzim yang berfungsi mencerna senyawa. Kondisi ini akan mengakibatkan tekanan darah tinggi yang berbahaya.

Daging panggang

Penderita asma harus menghindari daging panggang karena kandungan karbonnya bisa membentuk senyawa yang mencegah obat asma dengan teofilinn bekerja secara optimal. Selain itu karbon juga bisa memicu serangan asma meskipun sudah mengkonsumsi obat.

Sayuran hijau

Sebagian sayuran hijau termasuk bayam, kol dan teh hijau mengandung kadar vitamin K yang tinggi dan bisa memicu pembekuan darah. Jika dikonsumsi dengan obat pengecer darah akan membuatnya menjadi tidak berguna

Makanan berserat

Makanan yang tinggi serat bisa memperlambat penyebaran banyak obat termasuk digoxin yang digunakan untuk mengatur detak jntung tidak teratur. Obat diabetes metformin dan mencegah penyerapan obat penurun kolesterol statin.

Oleh karena itu konsultasikan dengan dokter anda ketika anda di beri obat tentang makanan dan minuman apa saja yang tidak diboleh dikonsumsi bersama obat anda agar obat yang anda minum bisa bekerja dengan optimal.

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "TIPS MINUM OBAT" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori Kesehatan. Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2011/08/tips-minum-obat.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Selasa, 09 Agustus 2011, pukul 08.15. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3