khasiat minum teh



Iklan Single (Bawah Judul)

Minum teh saat musim penghujan mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari serangan berbagai penyakit, selain itu minum teh hangat saat musim penghujan tiba akan lebih memberikan rasa nikmat yang luar biasa dan juga dapat memberikan rasa hangat pada tubuh kita. selain itu ternyata teh juga mempunyai banyak sekali manfaat yang sangat berguna bagi tubuh kita....

Pemerhati, konsultan, dan penulis tentang teh, Bambang Laresolo, mengatakan dari hasil penelitian yang dilakukan di laboratorium dan dilakukan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah membuktikan bahwa teh berkhasiat melindungi pembuluh darah dari timbunan lemak. Dalam American Journal of Epidemiology beberapa tahun lalu pun dijabarkan sebuah studi yang melibatkan 35 ribu wanita pascamenopause di Iowa, Amerika Serikat, para peneliti menemukan yang mengkonsumsi dua cangkir teh dalam sehari, risiko terkena kanker kandung kemih berkurang hingga 40 persen.

"Teh memiliki substansi fenol dan nonfenol yang memberikan manfaat untuk kesehatan. Kandungan kathekin yang menyertai teh juga bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh," kata pemilik nama lengkap Bambang Mukhtar Rusdiyanto ini, saat peluncuran varian terbaru teh futami di Jakarta beberapa waktu lalu.

Selama ini, menurut pria yang serius mengamati teh sejak 2006 ini, manfaat teh yang paling dikenal orang adalah teh hijau untuk kecantikan. Padahal, jika dikaji lebih lanjut, komponen polifenol dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Polifenol sendiri merupakan kandungan kimia dalam daun teh yang terdiri atas epiokathekin, epikalokathekin, epikathekin gallat, dan epikalokathekin gallat.

Dari produksinya, terdapat beberapa macam teh yang sangat dikenal, yakni teh hitam, teh hijau, dan oolong. "Masing-masing teh memiliki keunggulan," ujar Bambang. Teh hitam yang mengandung theaflavin sangat pas dikonsumsi penderita diabetes karena dapat mengontrol insulin. Sedangkan oolong sering dimanfaatkan untuk mengontrol obesitas dan teh hijau lebih dimanfaatkan sebagai antioksidan.

Tak hanya itu, kandungan kathekin dalam teh juga mampu menangkap radikal bebas 100 kali lebih efektif dibanding vitamin C dan 25 kali lebih efektif dibanding vitamin E. Selain itu, menurut hasil penelitian di London, kandungan antioksidan dalam dua cangkir teh setara dengan tujuh gelas jus jeruk atau 20 gelas jus apel.

Meski memiliki banyak manfaat, Bambang mengungkapkan, khasiat teh bisa saja hilang jika pembuatannya tidak benar. Karena itu, agar mendapatkan manfaat yang maksimal, penyajian dan pengemasan teh haruslah benar, yakni dengan menyeduh selama lima menit dan segera disaring sehingga tidak mengurangi khasiatnya.

Konsumsi teh juga dianjurkan dua kali sehari. Lalu, waktu yang tepat minum teh adalah sore dan malam hari menjelang tidur. "Karena bisa berfungsi sebagai detoksifikasi dengan membersihkan saluran pencernaan," kata dia. Sementara itu, untuk penyimpanan, ia menyarankan dikemas dalam alumunium foil sehingga kedap udara dan tidak tembus cahaya.

Beredarnya teh dengan campuran bahan-bahan lain di pasar, menurut Bambang, campuran teh sah-sah saja dan tidak mengurangi khasiat dari teh itu sendiri. Biasanya, penambahan bahan lain selain teh dilakukan untuk menambah aroma (melati, mawar, bergamot) dan menambah rasa dan manfaat (ginseng, jahe, teh buah, susu, rempah). "Penambahan beberapa herbal tradisional dalam teh akan memberikan manfaat yang lebih bagi tubuh," ujarnya.


Sederet Manfaat
- Mencegah serangan kanker.
- Menurunkan risiko penyakit jantung.
- Mencegah osteoporosis.
- Mengontrol obesitas.
- Menurunkan tekanan darah.
- Untuk perawatan kecantikan.


Para Pencinta Teh

- Tea Connoisseur: kelompok yang sangat mengerti teh
dan rela mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk belanja teh dan
peralatannya.

- Executive Moderate: kelompok yang didominasi kelas
menengah ke atas dan menyukai teh bermerek atau teh terkenal.

- Urban Pop: kaum urban, komuter, kelas pekerja
menengah ke bawah, yang minum teh sebagai penyeimbang pola hidup mereka
yang kurang sehat.
       

 
 

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "khasiat minum teh" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori Herbal. Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2011/09/khasiat-minum-teh.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Selasa, 27 September 2011, pukul 20.35. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3