manfaat bunga krisan



Iklan Single (Bawah Judul)

bunga krisan mudah ditemukan di kios-kios bunga potong, selain itu banyak dimanfaatkan sebagai penyemarak dekorasi.tanaman ini jika ditaruh dipot atau ditanam lokasi taman juga akan membuat taman kian terasa cantik. akan tetapi selain sebagai tanaman hias, bunga ini juga bermanfaat untuk membantu mengatasi gangguan kesehatan.
tanaman ini mempunyai ciri-ciri berbatang tegak, bentuk bulat, berwarna hijau, kasar dan sedikit bercabang. bentuk daun lonjong, berseling, ujung runcing dan pangkalnya membulat. adapun bunga krisan mempunyai warna beragam, antara lain putih, kuning, ungu dan pink.
bunga dari tanaman krisan keluar dari ketiak daun atau ujung batang dari tanaman krisan, benang sari dan putik halus berkumpul di tengah bunga serta mahkota berbentuk lonjong. buah krisan berbentuk kecil-kecil lonjong serta ditutupi selaput buah, saat masih muda warnanya putih lalu berubah menjadi hitam setelah tua. bentuk biji lonjong, kecil dan berwarna hitam sedangkan jenis akarnya termasuk akar tunggang dengan warna putih.
pemanfaatan tanaman krisan sebagai ramuan obat sudah diterapkan di sejumlah negara sepeti cina, jepang dan indonesia. di jepang, kelopak bunga krisan juga dipercaya dapat memberikan kesehatan apabila diminum bersama segelas anggur. bahkan ada yang mampu mengolah minuman teh krisan, adapun krisan yang dijadikan minumankesehatan terutama krisan berwarna kuning dan putih. selain bermanfaat sebagai relaksasi teh krisan juga dipercaya membantu meredam panas dalam, demam, influenza, bahkan membersihkan liver.
adapun sebagai ramuan alami anti radang dan membantu mengencerkan dahak dibutuhkan 1 mangkuk daun dan bunga krisan kering. cara membuat ramuan ini adalah dengan merebus tanaman ini kedalam 2 gelas air selama 15 menit. selanjutnya biarkan beberapa saat, setelah dingin atau dalam keadaan hangat disaring dan segera diminum.
untuk meredam bengkak mata, caranya adalah dengan mengambil 10 gram bunga krisan, kemudian cuci bersih. rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih, air hasil rebusan kemudian diamkan sampai menjadi hangat. setelah itu gunakan air rebusan yang telah hangat untuk meredam atau mengompres mata sakit.
 

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "manfaat bunga krisan" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori Herbal. Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2011/09/manfaat-bunga-krisan.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Selasa, 20 September 2011, pukul 20.57. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3