manfaat dan kandungan belimbing wuluh



Iklan Single (Bawah Judul)

Buah belimbing wuluh berbentuk bulat lonjong, warnanya hijau kekuning-kuningan. Bila sudah masak buah ini mempunyai air yang cukup banyak dan rasanya sangat asam sepet. Buahnya biasanya bergerombol yang berasal dari bunga malai, keluar dari percabangab besar atau tepat tumbuhnya di dahan-dahan atau ranting pohonnya.

Tanaman yang bernama latin Averhoa bilimbi L ini jarang dibudidayakan karena dinilai kurang memiliki ekonomi tinggi, bahkan seringkali buah ini tumbuh tak terawatt dan tidak jarang buahnya dibiarkan jatuh begitu saja tanpa ada pemanfaatan optimal.

Daun belimbing wuluh berbentuk majemuk menyirip ganjil dengan 21-45 pasang anak daun, percabangan batang muda berambut halus seperti beludru dan warnanya cokelat. Pohon ini sebenarnya sangat rimbun sehingga dapat dijadikan tanaman yang dapat memperindah halaman rumah. Untuk membudidayakan tanaman belimbing wuluh ini tidak terlalu sulit, tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan khusu, gampang dan cepat berbuah jika ditempatkan pada tanah yang subur dan cukup air. Pohon belimbing wuluh juga sejenis tanaman kayu, sehingga dapat juga dimanfaatkan sebagai kayu bakar jika sudah kering.

Sifat efek farmakologis rasa asam dari belimbing wuluh dapat menghilangkan rasa sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, anti radang dan peluruh kencing. Kandungan kimia pada belimbing wuluh antara lain saponin, glukoside, sulfur, kalsium dan kalium nitrat. Tanaman belimbing wuluh mulai buah, daun dan batangnya mempunyai banyak manfaat meskipun demikian sampai saat ini masih sedikit yang menggunakan manfaat darai belimbing wuluh ini.

Untuk meredakan batuk, kita bisa memanfaatkan perasan buah belimbing wuluh segar, sediakan 10 buah belimbing wuluh segar, masak dan dicuci bersih. Tumbuk belimbing wuluh, diremas dan beri campuran garam 2 sendok kecil. Minum air perasan belimbing wuluh tersebut, semoga dengan mimun obat herbal ini semoga batuk km lekas sembuh.

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "manfaat dan kandungan belimbing wuluh" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori Herbal. Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2011/09/manfaat-dan-kandungan-belimbing-wuluh.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Senin, 05 September 2011, pukul 22.13. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3