MANFAAT DAN KANDUNGAN SIRSAK



Iklan Single (Bawah Judul)

SIRSAK SI KAYA MANFAAT
Tanaman sirsak berasal dari benua amerika yang beriklim tropis, kata sirsak merupakan kata serapan dari bahasa belanda yaitu zuurzak. Zuur berarti asam sedangkan zak berarti kantong yang secara harfiah berarti kantong yang rasanya asam, sedang sirsak sendiri dalam bahasa latin disebut dengan Anona Muricata Linn yang juga masih berkerabat dekat dengan sri kaya.
Buah ini sangat mudah dijumpai, mulai dari pasar buah tradisional sampai supermarket, buah sirsak sendiri banyak dimanfaatkan masyarakat dari buahnya. Rasa buah ini manis keasaman yang memberikan sensasi tersendiri bagi para penggemarnya, apapun bentuk olahannya cita rasa sirsak tetap melekat kuat pada produk sehingga sangat mudah dikenali.
Kandungan lemak buah sirsak hanya 0,3 g/100 g sehingga sangat baik untuk kesehatan, rasa asam pada sirsak berasal dari asam organic nonvolatile, terutama asam malat, asam sitrat dan asam isositrat. Kandungan vitamin C dari buah ini sangat tinggi sehingga merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat menjadi obat awet muda juga. Sirsak juga mengandung kadar sodium (natrium) yang rendah tapi memiliki potassium (kalium) yang tinggi sehingga bisa mencegah penyakit hipertensi. Selain itu buah sirsak juga mengandung kandungan serat yang cukup tinggi, serat ini berfungsi untuk menjaga kelancaran kerja saluran cerna dan menjamin kelancaran proses buang air besar.
Selain buahnya yang kaya akan nutrisi, daun dan biji sirsak juga mempunyai manfaat. Daun dan biji sirsak bisa dipakai sebagai umpan untuk membunuh ikan, serbuk daunnya efektif untuk membasmi cacing. Serbuk dan minyak dari kandungan biji sirsak dapat dipakai sebagai pembunuh kutu dan serangga kecil lain, daun yang diremas secukupnya dapat dipakai untuk mempercepat proses pematangan bisul, penyembuhan rematik dan penyakit kulit lainnya. Rebusan daun sirsak dapat dipakai untuk mengatasi gangguan saluran cerna dan juga membantu mengatasi kelelahan, pada orang jawa daun sirsak yang diletakkan pada tepi bantal dipercaya sebagai obat penenang dan penimbul rasa kantuk.
Akhir-akhir ini tiba-tiba daun sirsak ramai dibicarakan, hal ini tak lepas dari manfaat daun sirsak yang dipercaya dapat mengobati kanker. Meskipun belum ada bukti ilmiah yang menyebutnya akan tetapi kewaspadaan orang terhadap penyakit kanker membuat adanya obat anti kaker dari bahan alami buah sirsak langsung mendapatkan respon positif, akhirnya obat alternative herbal inipun laris manis di pasaran. Meskipun belum ada bukti ilmiah akan tetapi dari penelitian awal oleh para peneliti menunjukkan ekstrak daun, buah dan biji sirsak mampu membunuh sel kanker karena antioksidannya yang cukup kuat. Antioksidan diperlukan untuk melawan unsure radikal bebas yang merusak sel tubuh manusia dan sel rusak tersebutlah yang berpeluang untuk menimbulkan kanker.


Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "MANFAAT DAN KANDUNGAN SIRSAK" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori Herbal. Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2011/09/manfaat-dan-kandungan-sirsak.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Senin, 12 September 2011, pukul 01.34. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3