tip memilih sepatu futsal



Iklan Single (Bawah Judul)

Futsal adalah olah raga seperti layaknya olahraga sepak bola, dimana sebagian peralatan yang digunakan adalah peralatan sepakbola, yang membedakan antara futsal dan sepakbola adalah jumlah pemain dan aturan permainan. permaian olahraga futsal akhir-akhir ini semakin digemari oleh masyarakat indonesia, agar kita bisa lebih nyaman saat bermain futsal kita harus menggunakan sepatu khusus untuk bermain futsal. sepatu futsal berbeda dengan sepatu untuk olahraga sepakbola meskipun gunanya sama yaitu untuk menendang bolam berbeda juga dengan sepatu badminton atau tennis meskipun bahan dasar dari sepatu sama-sama dari karet.
berikut ini beberapa tips yang dapat anda gunakan saat mau membeli sepatu futsal agar saat digunakan bermain futsal bisa nyaman di kaki anda
1. Material

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih sepatu futsal adalah bahan atau material dasarnya. Sepatu futsal bisa terbuat dari beberapa bahan, seperti kulit, kain (tekstil), dan bahan imitasi.

    * Kulit

Meskipun cukup banyak bahan dasar pembuatan sepatu futsal, bahan dasar kulit, terutama kulit kangguru, masih dianggap sebagai bahan sepatu terbaik. Kelebihan kulit kangguru adalah kekuatan dan kelenturannya yang sangat baik sehingga nyaman digunakan. Selain kulit kangguru, kulit kerbau banyak digunakan untuk membuat sepatu futsal. Namun, kualitas kulit kerbau masih kalah dengan kulit kangguru.

    * Kain

Bahan rajutan ini biasanya digunakan pada sepatu futsal tipe Sala yang tersedia dalam beberapa merek. Bahan kain memiliki beberapa keunggulan, yaitu lebih ringan, mudah menyerap keringat, dan mudah mengeluarkan panas atau breathable. Mudahnya pengeluaran panas didukung oleh teksturnya yang berpori.

    * Imitasi

Dibanding bahan kulit dan kain, bahan imitasi cenderung kurang baik durabilitasnya. Bahan imitasi pun mudah sobek, terutama bagian jahitan. Perbedaan yang paling mencolok dibanding bahan kulit dan bahan kain adalah kekakuan bahannya. Ya. Bahan imitasi memang lebih kaku dibanding bahan kulit dan kain.

Selain ketiga bahan yang telah disebutkan, kini banyak diciptakan bahan-bahan pembuatan sepatu futsal, seperti bahan berserat karbon yang ringan dan kuat.
2. Bagian Atas Sepatu

Bagian atas sepatu sebenarnya tidak terlalu penting. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, terutama bagian depan yang paling sering digunakan untuk menendang. Bagian-bagian vital itu harus dipastikan kekuatan dan kenyamanannya. Perhatikan jenis bahan yang digunakan, jahitan, dan bahan pelapis dalamnya.

Bagian lain yang perlu diperhatikan adalah tempat memasang tali sepatu. Jika model pemasang tali sepatu Anda menyamping, pastikan bagian tersebut tidak mengganggu bagian atas kaki saat digunakan. Lidah sepatu pun menjadi hal penting yang harus diperhatikan pelapisnya. Misalnya, pelapis berbahan kain atau berbahan busa.

Intinya, Anda harus memilih sepatu yang pelapis lidahnya nyaman digunakan. Bentuk lidah sepatu sebenarnya tidak terlalu penting, baik yang ditekuk ke depan maupun bentuk tradisional. Bedanya, bentuk lidah yang ditekuk akan membuat tali sepatu lebih terlindungi sehingga lebih awet karena jarang bergesekan dengan bola.

3. Bagian Belakang Sepatu

Yang harus diperhatikan pada bagian belakang sepatu adalah penopang tumit. Pastikan penopang tumit sepatu Anda kokoh, tidak mudah bertekuk, bagian sol empuk dan cukup tebal untuk menahan benturan kaki saat berlari. Bagian ini biasanya dilapisi bahan EVA yang empuk dan ringan. Bahkan, beberapa merek ada yang menggunakan peredam khusus pada bagian dalam sol, seperti bantalan udara.

Beberapa model sepatu ada yang menambahkan bahan karet untuk memantapkan akurasi tendangan saat melakukan backheel, mengoper atau menendang menggunakan tumit. Namun, tambahan karet ini tidak terlalu penting dan hanya bersifat sebagi fitur tambahan.

4. Lapisan Dalam dan Sol Dalam

Sepatu yang baik akan menggunakan pelapis dalam berbahan lembut, kuat, dan mampu menyerap keringat dari kaki. Selain itu, sol dalam harus empuk dan bagian bawahnya harus dilapisi kain yang turut dijahit, bukan hanya lapisan karton untuk menutup bagian sol bawah seperti yang kerap ditemui pada sepatu murah. Jika bagian belakang sol dilapisi imitasi, pastikan yang agak lembut dan tidak terlalu kaku untuk menghindari melepuhnya kulit.

5. Sol

Sol sepatu harus lentur, cukup tebal, dan kesat. Sol yang dipilih harus cukup tebal karena sol yang terlalu tipis dapat menyebabkan benturan kaki dengan lantai tidak teredam dengan baik. Lama-lama, benturan ini bisa menimbulkan cedera.

6. Jenis Sol

Jenis sol perlu diperhatikan karena lapangan futsal di Indonesia banyak yang menggunakan rumput sintetis atau buatan. Untuk lapangan berumput buatan, sol yang digunakan harus memiliki tonjolan-tonjolan atau pull dan bahannya lebih keras dibanding sol sepatu futsal biasa.

Dengan menggunakan panduan memilih sepatu futsal di atas, maka Anda bisa menikmati olahraga futsal ini dengan lebih baik.

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "tip memilih sepatu futsal" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori Sepakbola. Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2011/09/tip-memilih-sepatu-futsal.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Selasa, 13 September 2011, pukul 03.15. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3