Masalah menstruasi pada wanita



Iklan Single (Bawah Judul)

Menstruasi atau haid adalah hal yang normal di alami oleh para wanita yang sudah mulai beranjak dewasa, ketika wanita akan mengalami haid atau menstruasi pasti akan mengalami rasa nyeri pada perut. Rasa nyeri saat haid sebenarnya adalah hal yang normal. Namun jika Anda merasakan sakit yang berlebihan bahkan sampai mengganggu aktivitas, mungkin saja Anda memiliki masalah menstruasi atau keadaan haid yang tidak normal.

Masalah seputar menstruasi sebaiknya tidak dibiarkan karena bisa mempengaruhi tingkat kesuburan. Oleh karena itu, kenali tanda dan gejala mengenai menstruasi yang tidak normal.

1. Rata-rata siklus menstruasi perempuan yang normal adalah 21-35 hari. Jika lama menstruasi Anda lebih dari 31- 35 hari atau jangka waktu kurang dari dua minggu antara periode haid pertama dengan priode haid kedua, ada kemungkinan darah yang keluar bukan darah menstruasi.

2. Biasanya haid berlangsung selama tujuh hari. Jika Anda mengalami haid lebih dari tujuh hari, Anda perlu waspada. Mungkin saja Anda menderita mennorhagia, meningkatnya volume darah menstruasi.

3. Banyaknya darah yang keluar membuat Anda harus mengganti tampon atau pembalut setiap satu atau dua jam sehari, juga merupakan tanda-tanda Anda mengalami mennorhagia.

4. Anda tiba-tiba sering merasakan nyeri yang berlebihan pada perut. Rasa nyeri saat atau sebelum haid merupakan hal yang normal, namun jika sudah mengganggu aktivitas dan bahkan terasa hingga ingin pingsan, maka itu tidaklah normal. Ada kemungkinan Anda mengidap dysmenorrhea, rasa sakit berlebihan saat haid. Gejala dysmenorrhea termasuk rasa sakit pada punggung bagian bawah atau kaki, kram perut, atau sakit pada tulang panggul.

5. Keluarnya darah yang menggumpal saat menstruasi adalah normal. Namun jika terdapat gumpalan darah dalam jumlah besar, kemungkinan Anda mengalami heavy period.

6. Jika Anda tidak haid selama tiga bulan, mungkin Anda sedang hamil. Penyebab lainnya, Anda bisa juga mengalami amenorrhea, perimenopause atau menopause. Amenorrhea bisa terjadi akibat penyakit, stres yang berlebihan, olahraga terlalu berat, atau turunnya berat badan terlalu drastis.

Jadi, jika Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda di atas, ada kemungkinan bahwa menstruasi Anda tidak normal. Masalah menstruasi erat kaitannya dengan kesuburan, oleh karena itu semakin cepat Anda konsultasikan ke dokter, akan semakin baik.


Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Masalah menstruasi pada wanita" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2011/10/masalah-menstruasi-pada-wanita.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Jumat, 07 Oktober 2011, pukul 21.17. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3