Tips agar tidak keracunan makanan



Iklan Single (Bawah Judul)

Makan adalah kebutuhan semua makhluk hidup, karena dengan makan kita bisa meempunyai energi untuk melakukan aktivitas. akan tetapi kita harus selalu memperhatikan kesehatan dengan segala sesuatu yang kita makan agar kita tidak keracunan makanan. Keracunan makanan bisa terjadi pada siapa saja dan berasal dari makanan apapun. Sebelum Anda terkena, sebaiknya simak terlebih dulu empat cara agar terhindar dari keracunan makanan. keracunan makanan bisa menimbulkan rasa sakit perut yang parah, kram, mual, muntah, diare dan bisa disertai dengan demam. Jika hal ini terjadi terus menerus, maka bisa menimbulkan efek dehidrasi serius.

Biasanya penyebab dari keracunan makanan bisa bermacam-macam, tapi penyebab paling umum adalah adanya bakteri atau mikroorganisme yang terkandung di dalam makanan akibat makanan tersebut rusak, tidak dimasak dengan benar atau makanan itu terkontaminasi pestisida. Agar terhindar dari keracunan makanan, simak beberapa tips berikut.

1. Biasakan hidup bersih
* Selalu cuci tangan dengan sabun dan kucuran air hangat sebelum atau sesudah menyiapkan masakan yang terbuat dari daging mentah, unggas, kerang, dan telur.
* Bersihkan tangan dengan benar setelah menggunakan toilet, mengganti popok atau menyentuh hewan peliharaan Anda.
* Bersihkan peralatan masak seperti talenan dengan menggunakan air hangat dan sabun.
* Tutup luka dengan perban dan sarung tangan sebelum membuat makanan.
* Cuci buah dan sayuran di bawah air mengalir.

2. Pahami cara menghangatkan makanan
* Suhu minimal 74 derajat celcius diperlukan untuk mencegah kuman yang akanmengkontaminasi makanan. Masak atau panaskan makanan dengan suhu ini, bila akan memberikannya pada wanita hamil, dan orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah seperti orang tua dan bayi.
* Makanan setengah matang mungkin mengandung kuman. Usahakan untuk memasak sup, bumbu dan saus hingga mendidih.
* Gunakan termometer untuk memastikan apakah unggas yang Anda masak sudah matang dan aman untuk dikonsumsi.

3. Mencairkan makanan yang beku
Untuk mencairkan (defrost) makanan beku juga perlu teknik khusus, namun intinya adalah jangan sampai produk dicairkan (thawing) dalam suhu ruang yang hangat, karena bakteri mudah berkembang. Teknik paling mudah adalah dengan mencairkan di dalam kulkas, yaitu memindahkannya dari bagian freezer ke tiap tahap di bawahnya, hingga produk melunak secara perlahan.

Cara lain adalah dengan menaruhnya di dalam plastik, kemudian direndam dalam air dingin yang diberi es. Tetapi jangan sampai lebih dari 2 jam karena bakteri akan segera berkembang. Selain itu, ganti air rendaman setiap 30 menit.

4. Perhatikan kemasan dengan seksama
Jika Anda membeli makanan kemasan, pastikan kemasan tidak rusak dan menggelembung. Kemasan yang menggelembung merupakan tanda bahwa makanan tersebut telah terkontaminasi.

Keracunan makanan tidak hanya dapat mengganggu kegiatan sehari-hari saja, penyakit ini terkadang bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, ada baiknya Anda melakukan tindakan pencegahan dan memastikan kebersihan rumah serta makanan.


Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Tips agar tidak keracunan makanan" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2011/10/tips-agar-tidak-keracunan-makanan.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Jumat, 07 Oktober 2011, pukul 20.22. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3