Kenakalan Remaja



Iklan Single (Bawah Judul)


Masa kanak-kanak, remaja, dewasa, dan kemudian menjadi orangtua, tidak lebih hanyalah merupakan suatu proses wajar dalam hidup yang berkesinambungan daritahap-tahap pertumbuhan yang harus dilalui oleh seorang manusia. Setiap masa pertumbuhan memiliki ciri-ciri tersendiri. Masing-masing mempunyai kelebihandankekurangan. Demikian pula dengan masa remaja. Masa remaja sering dianggapsebagai masa yang paling rawan dalam proses kehidupan ini. Masa remaja seringmenimbulkan kekuatiran bagi para orangtua. Masa remaja sering menjadi pembahasandalam banyak seminar. Padahal bagi si remaja sendiri, masa ini adalah masa yang paling menyenangkan dalam hidupnya. Oleh karena itu, para orangtua hendaknya berkenan menerima remaja sebagaimana adanya. Jangan terlalu membesar-besarkan perbedaan. Orangtua para remaja hendaknya justru menjadi pemberi teladan di depan,di tengah membangkitkan semangat, dan di belakang mengawasi segala tindak tanduk siremaja.Remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa. Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia antara 13 tahunsampai dengan 18 tahun. Seorang remaja sudah tidak lagi dapat dikatakan sebagaikanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa.Mereka sedang mencari pola hidup yang paling sesuai baginya dan inipun seringdilakukan melalui metoda coba-coba walaupun melalui banyak kesalahan. Kesalahanyang dilakukan sering menimbulkan kekuatiran serta perasaan yang tidak menyenangkan bagi lingkungan dan orangtuanya. Kesalahan yang diperbuat pararemaja hanya akan menyenangkan teman sebayanya. Hal ini karena mereka semuamemang sama-sama masih dalam masa mencari identitas. Kesalahan-kesalahan yangmenimbulkan kekesalan lingkungan inilah yang sering

disebut sebagai kenakalanremaja
.Pengertian Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang darinorma-norma hokum pidana yang dilakukan oleh remaja.Perilaku tersebut akanmerugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya

Jenis-jenis kenakalan remaja
1.Kenakalan remaja di sekolahMisal :
a.Tidak masuk sekolah tanpa keterangan.
b.Meninggalkan sekolah pada saat jam pelajaran.
c.Membawa senjata tajam ketika sekolah.2.Kenakalan remaja di luar sekolah(masyarak
Kenakalan remaja di luar sekolah(masyarakat)Misal :
a.Ikut balapan tiar antar geng.
b.Ikut tawuran antar geng.
c.Minum minuman keras.
d.Mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba dan lain sebagainya.3.Kenakalan remaja di lingkungan keluargaMisal :
a.Tidak mendengarkan nasehat orang tua.
b.Tidak mentaati perintah orang tua.
c.Melanggar norma yang telah di sepakati bersama keluarga

Penyebab terjadinya kenakalan remaja
Perilaku nakal remaja bias di sebabkan oleh factor dari remaja itu sendiri(internal)maupun dari luar (eksternal)
•faktor internal :
1)Krisis identitas

 
Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkanterjadinya dua bentuk intregasi.pertama,terbentuknya persaan akankonsistensi dalam kehidupannya.ke dua,tercapainya identitas peran.kenakalan remaja terjadi karena remaja gagal mencapai masaintregasi ke dua.
2)Kontrol diri yang lemahRemaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yangdapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku “nakal”


Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja
.1.Kegagalan yang mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisadicegah atau diatasi dengan prinsip keteladana.
2.Adanya motifasi dari keluarga , guru , teman sebaya untuk melakukan point pertama.
3.Kemauan orang tua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga terciptakeluarga yang harmonis , komunikatif , dan nyaman bagi remaja.
4.Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orang tuamember arahan dengan siapa dan dikomunitas mana remaja harus bergaul.
5.Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak terpengaruh jika ternyatateman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan
 

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Kenakalan Remaja" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2012/03/kenakalan-remaja.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Sabtu, 10 Maret 2012, pukul 09.12. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3