Iklan Home

Pencemaran udara dan sumbernya

A.    Pencemaran udara
Udara merupakan kumpulan atau campuran gas yang terdiri atas Nitrogen 78% , Oksigen 20,8% , Argon 0,9% , Karbon dioksida 0,03% , gas lain 0,27%.
Udara merupakan faktor yang penting dalam kehidupan, namun dengan meningkatnya pembangunan fisik kota dan pusat-pusat industri, kualitas udara telah mengalami perubahan. Udara yang dulunya segar, kini kering dan kotor. Perubahan lingkungan udara pada umumnya disebabkan pencemaran udara, yaitu masuknya zat pencemar (berbentuk gas-gas dan partikel kecil/aerosol) ke dalam udara.
Pencemaran udara adalah adanya zat-zat pencemar baik fisik , kimia , maupun biologi di udara yang jumlahnya membahayakan manusia , hewan dan tumbuhan , mengganggu kenyamanan dan juga menyebabkan kerusakan property . Pencemaran udara dapat di rasakan langsung dan bersifat local regional serta global .
Kelembaban udara tergantung pada konsentrasi uap air . Kondisi udara di dalam atmosfer tidak pernah ditemukan dalam keadaan bersih . melainkan sudah tercampur dengan gas-gas lain dan partikulat-partikulat yang berasal dari aktivitas alam dan juga manusia yang terus masuk menggerogoti lapisan udara dan mengotori lapisan atmosfer kususnya troposfer , sehingga akan timbul lubang kecil pada lapisan ozon yang lama-kelamaan akan membesar dan menyebabkan pemanasan global , yang berujung pada mencairnya es di kutub utara.
 
B.    Sumber Pencemaran
a.Sumber diam     : pembangkit listrik , industry , rumah tangga
b.Sumber gerak     : Kendaraan bermotor dan transportasi laut

Sumber pencemaran udara adalah :
a.Kegiatan manusia
1. Transportasi
Di kota-kota besar, kontribusi gas buang kendaraan bermotor sebagai sumber polusi udara mencapai 60-70%.Kendaraan bermotor yang menjadi alat transportasi, dalam konteks pencemaran udara dikelompokkan sebagai sumber yang bergerak. Dengan karakteristik yang demikian, penyebaran pencemar yang diemisikan dari sumber-sumber kendaraan bermotor ini akan mempunyai suatu pola penyebaran spasial yang meluas. Faktor perencanaan sistem transportasi akan sangat mempengaruhi penyebaran pencemaran yang diemisikan, mengikuti jalur-jalur transportasi yang direncanakan.
Faktor penting yang menyebabkan dominannya pengaruh sektor transportasi terhadap pencemaran udara perkotaan di Indonesia antara lain:
1.     Perkembangan jumlah kendaraan yang cepat (eksponensial)
2.     Tidak seimbangnya prasarana transportasi dengan jumlah kendaraan yang ada
3.      Pola lalu lintas perkotaan yang berorientasi memusat, akibat terpusatnya kegiatan-kegiatan perekonomian dan perkantoran di pusat kota
4.      Masalah turunan akibat pelaksanaan kebijakan pengembangan kota yang ada,  misalnya daerah pemukiman penduduk yang semakin menjauhi pusat kota
5.     Kesamaan waktu aliran lalu lintas
6.     Jenis, umur dan karakteristik kendaraan bermotor
7.     Faktor perawatan kendaraan
8.     Jenis bahan bakar yang digunakan
9.     Jenis permukaan jalan
10.     Siklus dan pola mengenudi (driving pattern)

2. Industri
Kontribusi gas buang dari cerobong asap industri hanya berkisar 10-15% . Alam dan kegiatan manusia serta industry membebaskan senyawa kimia ke lingkungan udara. Jika senyawa itu adalah asing untuk komposisi udara atau konsentrasi suatu jenis senyawa itu melebihi nilai ambang batas (TLV: threshold limit value), maka udara itu mengalami pencemaran. Pencemaran udara adalah peristiwa pemasukan dan/atau penambahan senyawa, bahan atau energy ke dalam lingkungan udara akibat kegiatan alam dan manusia, sehingga temperature dan udara tidak sesuai lagi untuk tujuan pemanfaatan yang paling baik atau nilai linggkungan udara itu menurun.
Dampak lingkungan akibat pencemaran udara dapat diamati pada:
1.    Lingkungan fisik, dan
2.    Lingkungan kesehatan.
Dampak lingkungan fisik diakibatkan oleh padatan renik atau debu, gas-gas karbonmonoksida, hidrookarbon, nitrogen oksiida dan sulfur oksida. Dampak ini dapat mengakibatkan dampak lanjutan pada lingkungan kesehatan, yang terlihat pada:
1.    Penurunan jarak pandang dan radiasi matahari,
2.    Kenyamanan yang berkurang,
3.    Kerusakan tanaman,
4.    Percepatan kerusakan bahan konstruksi dan sifat tanah, dan
5.    Peningkatan laju kematian atau jenis penyakit.
Industry memberikan bagian yang relative kecil pada pencemaran atmosferik jika dibandingkan dengan pengangkutan. Meskipun industry dalam kenyataan memberikan bagian yang kecil dalam emisi senyawa pencemar, tetapi suumber ini mudah diamati, karena industry meruppakan sumber pencemaran tiitik (point source of pollution). Bagian paling besar yang dibebaskan oleh industry adalah padatan renik atau debu. Debu ini memberikan dampak negative bagi lingkungan biotic dan fisik.
Meskipun industry memberikan sumbangan pada pencemaran atmosferik yang relative rendah, namun industry harus dan wajib melakukan penanggulangan pencemaran. Pengendalian pencemaran ini akan mengakibatkan tingkat:
1.    Kesehatan masyarakat lebih baik
2.    Kenyamanan hidup yang lebih tinggi
3.    Resiko lebih rendah
4.    Kerusakan meteri yang rendah
5.    Kerusakan lingkungan lebih rendah atau menurun.

3.Pembangkit Listrik
4.Pembakaran : Perapian , kompor dan rokok
Terjadi proses penguapan uap air dan nikotin yang berlangsung pada temperatur antara 100-400oC. Nikotin yang menguap pada daerah temperatur di atas tidak dapat kesempatan untuk melalui temperatur tinggi dan tidak melalui proses pembakaran. Terkondensasinya uap nikotin dalam gas tergantung pada temperatur, konsentrasi uap nikotin dalam gas dan geometri saluran yang dilewati gas.
Pada temperatur dibawah 100oC nikotin sudah mengkondensasi, jadi sebenarnya sebelum gas memasuki mulut, kondensasi nikotin telah terjadi. Berdasarkan keseimbangan, tidak semua nikotin dalam gas terkondensasi sebelum memasuki mulut sehingga nantinya gas yang masuk dalam paru-paru masih mengandung nikotin. Sesampai di paru-paru, nikotin akan mengalami keseimbangan baru, dan akan terjadi kondensasi lagi.
Jadi, ditinjau secara proses pembakaran, proses merokok tidak ada bedanya dengan proses pembakaran kayu di dapur, proses pembakaran minyak tanah di kompor, proses pembakakaran batubara di industri semen, proses pembakaran gas alam di industri pemanas baja dan segala proses pembakaran yang melibatkan bahan bakar dan oksigen. Sangat ironis memang bahwa manusia sangat memperhatikan keseimbangan alam akibat proses pembakaran bahan bakar oleh industri yang mengeluarkan polusi, tetapi dilain pihak orang-orang dengan sengaja mengalirkan gas produksi pembakaran rokok ke paru- paru mereka.
C.    Cara Mengatasi Pencemaran Udara
1.    mengganti bahan bakar kendaraan bermotor dengan bahan bakar yang tidak menghasilkan gas karbon monoksida dan diusahakan pula agar pembakaran yang terjadi berlangsung secara sempurna
2.    pengolahan/daur ulang atau penyaringan limbah asap industri, penghijauan untuk melangsungkan proses fotosintesis (taman bertindak sebagai paru-paru kota)
3.    tidak melakukan pembakaran hutan secara sembarangan
4.    Tidak membakar sampah , sebaiknya sampah di pilah antara organic dan anorganik , dan dapat di jadikan pupuk juga bias di daur ulang
5.    melakukan reboisasi/penanaman kembali pohon¬pohon pengganti yang penting adalah untuk membuka lahan tidak dilakukan pembakaran hutan, melainkan dengan cara mekanik.



 
Baca Selengkapnya..

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Pencemaran udara dan sumbernya" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2012/03/pencemaran-udara-dan-sumbernya.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Kamis, 29 Maret 2012, pukul 01.35. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Perangkat dalam komputer

A.    MONITOR

Monitor adalah output device atau  alat  keluaran yang berfugsi untuk menampilkan gambar pada layar. Gambar yang ditampilkan berasal dari proses grafis yang dilakukan oleh VGA Card.  Monitor berfungsi untuk menampilkan gambar atau grafis, huruf dan angka. Berdarsarkan teknologi yang digunakan monitor memiliki 2 jenis yaitu CRT (Cathode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display)

Berikut Jenis – Jenis Monitor Komputer :

a.    Monitor CRT (Cathode Ray Tube)

Monitor CRT adalah monitor yang berukuran besar seperti televisi, monitor jenis ini menggunakan tabung gelas yang layarnya berbentuk cembung, selain layar cembung monitor CRT ada juga yang berlayar datar (flat). Monitor ini bekerja dengan cara menggerakan sorotan elektron secara maju mundur dibalik layar. Setiap sorotan itu mengenai titik fosfor yang ada di tabung gelas monitor dan selanjutnya menerangi begitu banyak garis dari atas hingga bawah layar sehingga gambar dimunculkan. Monitor CRT memberikan warna yang lebih kaya dalam spektrum penuh dibandingkan monitor LCD. Oleh karena itu, para pendesain grafis lebih memilih moniitor CRT karena langsung bisa membandingkan warna di monitor dengan yang akan dicetak.

b.    Monitor LCD (Liquid Crystal Display)

LCD banyak ditemukan pada jam digital dan layar laptop atau handphone. LCD merupakan jenis monitor yang menggunakan dua lembar materi terpolarisasi dengan kristal cair yang berada di tengahnya. Saat arus listrik mengalir dan melalui cairan kristal, kristal itu bergabung sehingga cahaya tidak masuk. Oleh karena itu, kristal berfungsi seperti katup yang mengizinkan cahaya masuk atau diblokir. Monitor LCD memiliki bentuk yang ramping, ringan, dan tipis sehingga tidak memerlukan tempat yang luas untuk meletakannya dibanding monitor CRT. Selain itu monitor LCD mengkonsumsi daya listrik yang jauh lebih rendah dibandingkan monitor CRT.



B.    PRINTER
Printer adalah sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan  printer Laser jet.
Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai ketiga jenis printer  tersebut :
a.    Printer Dot Matrik

Jenis printer Dot Metrik merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. menurut sejarahnya jenis printer dot metrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain.
b.    Jenis Ink Jet

Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.
Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.
c.    Jenis Laser Jet

Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil ceta pada mesin photo copy.




C.    SPEAKER

Speaker merupakan salah satu  perlalatan output komputer berbentuk kotak atau bulat dengan kemasan unik yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara dari komputer. Agar speaker dapat berfungsi diperlukan hardware berupa sound card (pemroses audio/sound)

Speaker memiliki bentuk, fitur dan ukuran yang beraneka macam dengan  tawaran kualitas yang bagus dan harganya yang semakin murah. Saat ini speaker merupakan hardware yang hampir tidak dapat terpisahkan dengan komputer, karena pengguna dapat terhibur dengan mendengarkan lagu dan bisa juga sebagai efek suara untuk pemuraran film/video melalui komputer.

D.    MOUSE

Mouse adalah perangkat pengendali pergerakan kursor atau pointer pada layar monitor dengan menggerakkan atau menggesernya pada permukaan datar. Nama mouse berasal dari bentuknya yang terlihat menyerupai tikus, dan kabel yang menghubungkan terlihat seperti ekor tikus. Jika anda menggerakkan mouse, maka pointer pada layar bergerak dengan arah yang sama. Pada mouse terdapat paling tidak 1 tombol, umumnya terdapat 2 tombol, ada juga mouse dengan 3 tombol. Tombol-tombol tersebut mempunyai fungsi yang berbeda tergantung pada program aplikasi yang berjalan. Mouse saat ini menyertakan roda penggulung (scroll wheel) untuk menggulung dokumen yang panjang.
Mouse ditemukan oleh Douglas Engelbart di Stanford Research Center pada tahun 1963, dan dimotori oleh Xerox pada tahun 1970, mouse menjadi lompatan besar dalam ergonomi komputer karena mouse membebaskan user secara luas dari pemakaian keyboard. Dengan kata lain mouse adalah sangat penting bagi antarmuka GUI (Graphical User Interface) karena anda tinggal mengarahkan pada objek lalu klik tombol mouse atau disebut dengan istilah point-and-click. Mouse juga sangat berguna pada aplikasi grafis yang memungkinkan kita membuat coretan gambar menggunakan mouse layaknya menggunakan pen, pensil, atau kuas.

1.    Berikut jenis – jenis Mouse pada komputer :
                                           
a.    Mouse mekanik
Mouse mekanik, yaitu mouse dengan sensor mekanik berupa bola karet/logam di sisi bawah mouse yang dapat berputar ke semua arah. Sensor mekanik tersebut mendeteksi arah putar bola dan menggerakkan pointer/kursor pada layar sesuai arah tersebut


b.     Mouse optomekanik                                                                                                                                                              Mouse optomekanik, sama dengan mouse mekanik tetapi menambahkan sensor optic untuk mendeteksi gerakan dari bola mouse.



c.     Mouse optik
Mouse optik, menggunakan sinar laser atau sinar LED (Light Emitting Diode) untuk mendeteksi pergerakan mouse.



2.    Berdasarkan konektor dari mouse, terdapat :

a.    Mouse serial, yaitu mouse dengan konektor serial (RS 232C).
b.    Mouse PS/2, mouse dengan konektor PS/2
c.    Mouse USB (Universal Serial Bus), mouse dengan konektor USB.
d.    Mouse Cordless, mouse tanpa kabel. Mouse ini tersambung ke komputer dengan gelombang  radio atau  infra merah. Mouse cordless lebih mahal dari pada mouse serial maupun mouse usb.


E.    KEYBOARD

Keyboard  adalah suatu hardware yang berguna untuk memasukan perintah, huruf, angka. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi pemakai untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.


Keyboard  komputer diciptakan dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington.

1.    Jenis keyboard yang pernah ada di dunia ini antara lain:

a.    Keyboard QWERTY

Sesuai dengan namanya QWERTY yang merupakan deretan huruf pada barisan paling atas pada keyboard. Keyboard ini diproduksi oleh Perusahaan Remington pada tahun 1873 dan rancangan keyboard ini pertama kali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874. Keyboard QWERTY merupakan pengembangan dari mesin ketik. Susunan tombol dipilih untuk mengurangi loncatan penekanan tombol yang tidak sengaja pada mesin ketik manual. Misal huruf ‘s’, ‘t’, dan ‘h’ diletakkan berjauhan meskipun sering digunakan bersama dalam kalimat bahasa Inggris. Sampai saat ini, keyboard jenis Qwerty tetap digunakan.
b.     Keyboard DVORAK
Keyboard ini dibuat pada tahun 1936. Keyboard Dvorak diciptakan berdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi. Susunan letak tombol huruf dengan jenis QWERTY dibuat sedemikian rupa sehingga 56 % ketukan ada pada tangan kanan dan jari-jari yang lebih banyak bekerja adalah jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Susunan tombol huruf berdasarkan frekuensi penggunaannya. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih sering diketuk kira-kira sampai 70 % dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10 %,huruf-huruf yang umum, biasanya berada dibawah jari-jari yang dominan dan Mampu meningkatkan kecepatan pengetikan 10 – 15 % serta mengurangi kelelahan tangan.


c.    Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu karena dipisahkan bagian kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang
d.    CHORD Keyboard
Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan Kecepatannya tinggi Kurang populer, karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan.
e.     keyboard MALTRON
Tak seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari.
f.     Keyboard Proyeksi
Untuk menghemat tempat (diletakkan di atas permukaan apa saja asalkan datar), Bekerja dengan menggunakan sensor gerak, jika jari melakukan gerak tertentu, sistem scanning akan mengirim sinyal ke chip komputer seolah user menekan tombol tertentu. Digunakan misalnya pada PDA sebagai pengganti mouse.
2.    Jenis-jenis Port keyboard:
a.    Keyboard Serial (kini sudah jarang digunakan)
b.    Keyboard PS/2 (sudah jarang dipakai)
c.    Keyboard USB (paling populer saat ini)
d.    Keyboard Wireless (antara keyboard ke PC tanpa kabel, masih jarang dipakai dan masih mahal)
Berikut gambarnya:
         Port Serial                        Keyboard Wireless                             Port PS/2



3.    Struktur tombol pada keyboard

Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan – penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.

Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:
a.    Tombol Ketik (typing keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
b.    Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
c.    Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
d.    Tombol kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).



F.    MOTHERBOARD

Mother Board merupakan board/papan induk atau main board dimana semua device dipasang mulai dari processor, memory, slot-slot untuk ekspansi, dll. Mainboard tak kalah penting dengan prosesor. Jika dimisalkan pada manusia, mainboard adalah rangkaian pembuluh darah
dan jaringan urat syaraf pada computer. Mainboard yang kurang baik, akan mengakibatkan tidak maksimalnya kinerja peripheral lain. Oleh karena itu, pemilihan mainboard yang tepat akan sangat mempengaruhi kinerja computer.
1.    Fungsi Motherboard

a.    Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya.
b.    Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.
c.    Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak

2.    Struktur Motherboard



3.    Cara kerja Motherboard
Dalam system computer, peripheral-peripheral akan saling terkoneksi di dalam mainboard dan dapat meneruskan instruksi melalui jalur-jalur pada board. Seluruh peripheral yang terkoneksi akan menjadi sebuah system computer yang utuh. Sementara fungsi mainboard pada umumnya adalah menyalurkan arus input dan arus data yang diperlukan pada jalannya proses di dalam computer.
G.    RAM
RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang mengakses data secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada pengaturan letak data. Data di dalam RAM bersifat sementara, dengan kata lain data yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau catu daya yang terhubung kepadanya dicabut.

RAM biasa juga disebut sebagai memori utama (main memory), memori primer (primary memory), memori internal (internal memory), penyimpanan utama (primary storage), memory stick, atau RAM stick. Bahkan terkadang orang hanya menyebutnya sebagai memori meskipun ada jenis memori lain yang terpasang di komputer.

RAM merupakan salah satu jenis memori internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan instruksi. Dengan menggunakan tambahan RAM ke dalam komputer dapat menghasilkan pengaruh positif pada kinerja dan kecepatan komputer, meskipun RAM sebenarnya tidak menentukan kecepatan komputer.

RAM biasanya terletak berdekatan dengan processor , karena Data yang di simpan dalam RAM bersifat sementara maksudnya ketika komputer dimatikan maka data yang tersimpan dalam RAM akan hilang , data akan di tranfer kemedia penyimpanan ROM (Read Only Memory) .

1.    Jenis-jenis RAM:
     DRAM (Dynamic Random Access Memory)
adalah jenis RAM yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung di dalamnya harus disegarkan secara berkala oleh CPU agar tidak hilang. Hal ini membuatnya sangat dinamis dibandingkan dengan memori lainnya. Dalam strukturnya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga memiliki kepadatan sangat tinggi.
     SRAM (Static Random Access Memory)
adalah jenis RAM (sejenis memori semikonduktor) yang tidak menggunakan kapasitor. Hal ini mengakibatkan SRAM tidak perlu lagi disegarkan secara berkala seperti halnya dengan DRAM. Ini juga sekaligus membuatnya memiliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM. Berdasarkan fungsinya terbagi menjadi Asynchronous dan Synchronous.
     EDORAM (Extended Data Out Random Accses Memory)
adalah jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca tulisnya pun menjadi lebih cepat. Umumnya digunakan pada PC terdahulu sebagai pengganti Fast Page Memory (FPM) RAM.
     SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory)
adalah jenis RAM dinamis yang kemampuan kecepatannya lebih cepat dari pada EDORAM dan kepingannya terdiri dari 168 pin. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
     RDRAM (Rambus Dynamic Random Acces Memory)
adalah salah satu tipe dari RAM dinamis sinkron yang diproduksi oleh Rambus Corporation menggunakan Bus Speed sebesar 800 MHz tetapi memiliki jalur data yang sempit (8 bit). RDRAM memiliki memory controller yang canggih sehingga tidak semua motherboard bisa mendukungnya. Contoh produk yang memakainya adalah 3dfx seri Voodoo4.
     NV-RAM (Non-Volatile Random Access Memory)
merupakan jenis RAM yang menggunakan baterai Litium di dalamnya sehingga data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun catu daya dimatikan.
     VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory)
adalah jenis RAM yang dibuat khusus untuk video adapter. Kapasitas VGRAM sangat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan oleh video adapter tersebut.


Kapasitas RAM  juga bervarian mulai dari 4 MegaByte, 8 MB, 16 MB, 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB. Semakin besar kapasitas simpannya, maka semakin cepat pula kinerja komputer dan tentu akan makin mahal harganya..


H.    HARDDISK


Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Atau dapat diartikan dengan cakram keras. Data disimpan dalam lingkaran  konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency. Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi. Tidak hanya  itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan harddisk bila dibandingkan dengan disket biasa, sangat jauh. Hal ini dikarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa. Bila tanpa harddisk, dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi. Hal ini tentu saja tidak efisien. Ditambah lagi waktu pembacaannya yang sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket konvensional tersebut. Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

1.    Jenis - Jenis Harddisk :

a.    Disk ATA / EIDE hard disk dengan tipe EIDE (Enhanced Integrated Drive Electronic) atau tipe ATA (Advanced Technology Attachment) adalah standar versi terbaru suatu antar muka disk yang sesuai untuk koneksi ke bus, Banyak produsen disk memiliki rentang disk dengan antar muka EIDE / ATA, disk semacam itu dapatdihubungkan langsung ke bus PCI, yang digunakan pada banyak PC (personal computer). Keuntungan drive EIDE / ATA yang signifikan adalah harganya yang cukup murah, karena penggunaannya di pasaran PC. Salah satu kekurangan utamanya adalah diperlukan kontroler terpisah untuk tiap drive jika dua drivedigunakan bersamaan untuk meningkatkan performa. Salah satu produsen chip yang terkenal sudah menyertakan kontroler yang memungkinkan disk EIDE / ATA dihubungkan langsung ke motherboard.
b.    Disk SCSI, banyak disk memiliki antar muka yang didesain untuk koneksi ke bus SCSI standar. Disk tersebut cenderung lebih mahal, tetapi mempunyai performa yang lebih baik, yang dimungkinkan karena kelebihan bus SCSI daripada bus PCI. Akses yang bersamaan dapat dilakukan ke banyak disk drive karena antar muka drive secara aktif dihubungkan ke bus SCSI hanya pada saat drive tersebut siapuntuk transfer data. Hal ini terutama berguna dalam aplikasi dimana terdapat sejumlah besar request untuk file kecil, yang sering terjadi dalam komputer yang digunakan sebagai file server.
c.    Disk RAID, menjanjikan performa yang luar biasa dan menyediakan penyimpanan yang besar dan handal. Disk tersebut digunakan baik dalam komputer performa tinggi atau dalam sistem yang memerlukan keandalan yang lebih tingi dari tingkat normal. Akan tetapi, dengan semakin menurunnya harga ke tingkat yang lebih terjangkau, disk tersebut menjadi lebih menarik bahkan untuk sistem komputer dengan ukuran rata – rata.
d.    Disk SATA, hard disk dengan tipe SATA (Serial Advanced Technology Attachment), yaitu interface disk ATA (Advanced Technology Attachment) dengan versi Serialnya menggunakan kabel tipis yang memiliki total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel harddisk dengan tipe EIDE atau ATA disk yang berjumlah 39 pins dan SATA mempunyai kecepatan pengiriman data sangat tinggi serta mengurani latensi. Sehingga bus serial ini mampu melebihi kecepatan bus paralel.
e.    SATA dalam mentransfer data secara berurutan atau serial lewat kabelnya dan juga secara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, sehingga kabel SATA hanya dapat digunakan pada satu hard disk. Tipe hard disk yang telah dibahas ini, semuanya masuk dalam kategori internal hard disk, maksudnya yang diinstall di dalam CPU. Selain internal hard disk ada juga eksternal harddisk (hard disk yang berada diluar CPU), jadi bisa dipindah – pindahkan. Eksternal hard disk mempunyaikecepatan rotasi 7200 rpm, pemasangannya sangat mudah, tidak perlu membongkar PC dan hanya dengan menghubungkan port USB ke PC, dan dapat mentransfer data 480 Mbps.

2.    Komponen – Komnponen Hardisk :


I.    POWER SUPPLY

Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll.
Power  Supply berfungsi sebagai tempat penyimpanan data / informasi sementara.
 Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehinggapower supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.



1.    Jenis – jenis Power Supply
Seperti yang kita ketahui power supply adalah sebuah alat pada komputer yang digunakan untuk mengubah tegangan DC menjadi AC, agar bisa digunakan untuk menjalankan komputer. Tentu saja buat kita yang sudah terbiasa membongkar komputer sudah sering melihat bagai mana bentuk power supply, tapi ada beberapa tipe power supply yang mungkin bagi beberapa diantara kalian asing "karena jarang melihatnya".
Power supply dapat dikelompokan menjadi 2 jenis:
a.     Non Modular

Power supply jenis ini adalah yang paling sering kita lihat, kabel-kabel pada power supply sudah fix dengan body power supply, jadi kita tidak bisa mencopotnya. Jadi kita akan sedikit kesusahan dalam melakukan menejemen kabel. Tapi Power supply ini harganya cukup murah.

b.    Modular

Sedangkan power supply jenis modular adalah power supply yang kabelnya bisa anda copot dari body, sehingga kabel yang tidak digunakan bisa dicopot. Jika anda menggunakan power supply jenis ini sistem pengkabelan dalam komputer bisa lebih rapi dibanding menggunakan power supply non modular, akan tetapi harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan  non modular.

2.    Komponen Power Supply


3.    Cara Kerja Power Supply

Ketika kita menekan tombol power pada casing, yang terjadi adalah langkah berikut.
Power supply akan melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sistem start. Jika tes telah sukses,power supply mengirim sinyal khusus pada motherboard, yang disebut power good.

4.    Jenis konektor kabel Power Supply :

a.    Konektor 20/24 pin ATX Motherboard
b.    Konektor 4 pin peripheral power (untuk periferal seperti Hardisk, CD-ROM, Kipas.
c.    Konektor 4/8 pin 12V (untuk motherboard server)
d.    Konektor 6-pin PCIe  (untuk kartu grafis jenis PCIe)
e.    Konektor floppy (untuk floppydisk drive)
f.    Konektor SATA (untuk hardisk / optical drive berjenis sata)

J.    PROCESOR
Procesor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarangukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.



1.    Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :

a.    Aritcmatics Logical Unit (ALU)
b.    Control Unit (CU)
c.    Memory Unit (MU)

1.    Jenis – jenis  procesor :
d.    Intel Procesor                                         b.  Amd Procesor










 
Baca Selengkapnya..

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Perangkat dalam komputer" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2012/03/perangkat-dalam-komputer.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal , pukul 01.29. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Resep Kue Perkawinan

Bagi yang sudah menikah, kue perkawinan ini diperlukan untuk mengingatkan & direnungkan.
Bagi yang belum menikah kue ini untuk bahan masukan, supaya jangan salah adonan.
Silahkan mencoba!!!  ^_^

KUE PERKAWINAN

Bahan :
1 pria sehat,
1 wanita sehat,
100% Komitmen,
2 pasang restu orang tua,
1 botol kasih sayang murni.

Bumbu:
1 balok besar humor,
10%hasrat dan 90%cinta 15 gr rekreasi,
1 bungkus doa,
2 sendok teh telpon-telponan,
5 kali ibadah/hari (tapi lebih baik jika lebih dari itu - Semuanya diaduk hingga merata dan mengembang).

Tips:
1. Pilih pria dan wanita yang benar-benar matang dan seimbang.
2. Jangan yang satu terlalu tua dan yang lainnya terlalu muda karena dapat mempengaruhi kelezatan
(sebaiknya dibeli di toserba bernama TEMPAT IBADAH, walaupun agak jual mahal tapi mutunya terjamin.)
3. Jangan beli di pasar yang bernama DISKOTIK atau PARTY karena walaupun modelnya bagus dan harum baunya
tapi kadang menipu konsumen atau kadang menggunakan zat pewarna yang bisa merusak kesehatan.
4. Gunakan Kasih sayang cap “NIAT IBADAH"  yang telah mendapatkan penghargaan ISO dari Departemen Kesehatan dan Kerohanian.

Cara Memasak:
1. Pria dan Wanita dicuci bersih, buang semua masa lalunya sehingga tersisa niat yang murni.
2. Siapkan loyang yang telah diolesi dengan komitmen dan restu orang tua secara merata.
3. Masukkan niat yang murni kedalam loyang dan panggang dengan api merata sekitar 30 menit didepan penghulu.
4. Biarkan di dalam loyang tadi dan sirami dengan bumbunya.
5. Kue siap dinikmati.

Catatan: Kue ini dapat dinikmati oleh pembuatnya seumur hidup dan paling enak dinikmati dalam keadaan hangat.
Tapi kalau sudah agak dingin, tambahkan lagi humor segar secukupnya, sedikit rekreasi sesuai selera,
serta beberapa potong doa kemudian dihangatkan lagi di oven ber merek “Tempat Ibadah”.
Setelah mulai hangat, jangan lupa telepon-teleponan bila berjauhan.

Selamat mencoba.. ..di awal tahun 2012 ini, 
Baca Selengkapnya..

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Resep Kue Perkawinan" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2012/03/resep-kue-perkawinan.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal , pukul 01.24. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

home islamic home

IS YOUR HOME AN ISLAMIC HOME ?
Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal.( An Nahl 80 ). Pertanyaan diatas mungkin terasa aneh bagi kita, karena secara otomatis mungkin kita akan menjawab : " tentu saja rumah kami adalah rumah yang Islami. Kami adalah keluarga Muslim, maka tentu saja jadinya rumah kamipun rumah yang Islami ". Coba ikuti paparan berikut ini. Buatlah cheklist untuk setiap pernyataan yg ada, insya Allah akan terlihat betulkan rumah kita sudah termasuk rumah yangIslami ?.

1. Saya sudah memilih pasangan hidup yang baik. Begitu banyak hadist yang menunjukkan begitu pentingnya memilih pasanganhidup berdasarkan keimanannya. Pasangan hidup yang sholeh lebih banyakmendatangkan kebahagiaan pada keluarga. Mereka akan selalu mengajak,mengajarkan dan bersama-sama dengan pasangannya untuk mengisi hidup denganberlandaskan pada sendi-sendi Islam.

2. Saya bimbing suami / istri saya Masing-masing pihak menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai dengan aturanyang ada, dan memperlakukan masing-masing pihak dengan baik dan penuh kasihsayang. Saling mengingatkan untuk melakukan ibadah dan saling mengoreksibila dirasa perlu. Didalamnya termasuk anjuran untuk banyak membaca danmempelajari Al-Qur'an, saling mengingatkan untuk melakukan sholat malam, bersedekah, mempelajari dan membaca buku-buku Islam, banyak melakukankebaikan dan menjauhi berbagai macam keburukan . Setiap pasangan harusmenyadari bahwa keimanan seseorang itu ada saatnya naik dan mungkin pulaakan turun, karenanya masing-masing pihak berusaha menjaga agarkeimanan mereka terus bertambah

3. Rumah kami adalah tempat untuk mengingat Allah. Mengingat Allah bisa dilakukan dengan hati, dengan ucapan lisan (dzikir),melalui sholat, mentadaburi Al-Qur'an, mendiskusikan hal-hal yg berkaitandgn Islam, atau dengan membaca materi-materi Islami. Hal itu perludilakukan secara terus menerus, sehingga insya Allah malaikat akan datang kerumah kita membawa Rahmat Allah. Nabi Muhammad s.a.w. berkata ; Perumpamaandari rumah yang selalu mengingatAllah dengan rumah yang didalamnya tidak ada kegiatan untuk mengingat Allah,perbedaannya adalah bagaikan kehidupan dan kematian (muslim)

4. Rumah kami adalah tempat beribadah. Setiap anggota keluarga dalam rumah tersebut selalu melakukan sholat padawaktunya. Mereka menyediakan suatu 'tempat" khusus untuk melaksanakansholat, menjaga kebersihan dan keindahannya. Untuk wanita lebih baik sholatdi dalam rumah. Bagi laki-laki dianjurkan untuk sholat berjamaah di masjid.Tetapi dianjurkan bagi laki-laki untuk melakukan sholat sunat di rumahnyasetelah melakukan sholat wajibnya dimasjid. Rasulullah s.a.w. berkata : Melakukan sholat sunat dirumah adalahlebih baik daripada melakukannya secara berjamaah. Ini seperti sholat wajibbagi laki-laki lebih baik dilakukan secara berjamaah daripada sendirian (sahih al-Jaami). Hal ini dimaksudkan agar rumah dapat juga dijadikansebagai tempat beribadah seperti halnya masjid.

5. Kami selalu membaca surat Al-Baqarah dan Ayat Kursi untuk mengusir syetan. Nabi Muhammad s.a.w. berkata ; Bacalah surat Al-Baqarah di rumahmu. Syetantidak akan masuk ke rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah didalamnya (sahihal-Jaami). Beliaupun berkata : Jika kamu akan tidur, bacalah ayat Kursi ;Allah tidak ada Tuhan selain Dia,Yang selalu hidup, Yang selalu menopang dan menjaga segala sesuatu yanghidup..sampai ayat akhirnya., untuk mengingatkanmu akan penjagaan Allah, dan syetan tidak akan datang kedekatmu sampai pagi (Bukhari).

6. Rumah kami selalu diisi dengan kegiatan belajar dan mengajar. Kewajiban utama kepala rumah tangga adalah mendidik keluarganya untuk selaluberada pada jalan yang benar, bersama-sama melakukan kebaikan danbersama-sama mencegah kemunkaran. Memperdalam pengetahuan setiap anggaotakeluarga tentang Islam adalah salah satu cara untuk mengokohkan iman mereka.Kegiatan belajar mengajar ini harus selalu rutin dilakukan, misalnya setiapselesai sholat magrib, ataudi saat-saat dimana semua anggota keluarga berkumpul.

7. Kami memiliki perpusatakaan Islam dirumah kami. Didalamnya mungkin termasuk buku-buku, caset dan CD. Buku bisa berupahadist, tafsir, atau buku-buku Islam lainnya. Kaset dan CDmungkin berisi kumpulan nasyid ( lagu tanpa instrument musik ) , bacaanQur'an, khotbah-khotbah, kisah-kisah Nabi dan para Sahabat, dan juga film-film yang menggambarkan Kebesaran Allah.

8. Kami berusaha untuk memiliki akhlak dan moral seperti Nabi Muhammad s.a.w. Begitu banyak kebaikan yang dapat kita contoh dari Rasulullah s.a.w..Beliau selalu jujur, manis budi, halus dan ramah perkataannya. Perlakuannyapada keluargapun begitu mulia. Beliau begitu menghormati istrinya danselalu bercengkrama dengan istri dan anak-anaknya. Beliaupun tidak seganuntuk menolong mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, demi meringankan tugas istrinya.

9. Kami tahu syariat Islam berkenaan dengan rumah tangga. Seperti menjaga kerahasiaan rumah tangga, tidak menceritakan hal-hal pribadi suami/istri pada orang lain, meminta ijin jika akan memasuki rumah, tidak melihat pada rumah orang lain (tidak membanding-bandingkan), tidakmengijinkan anak-anak untuk memasuki kamar tidur orang tuanya pada saat-saat tertentu, dan tidak tinggal sendirian sepanjang malam. Yang terakhir ini menjadi sangat menarik, karena saat ini begitu banyak suami yang terpaksa harus sering bepergian atau meninggalkan keluarganya karena urusan bisnis atau sekolah. Nabi Muhammad s.a.w, sebenarnya tidak menyukai hal ini. Ibn Umar mengatakan bahwa Rasulullah s.a.w. melarang bersendirian (forbade being alone) dan berkata sebaiknya seorang laki-laki tidak tinggalsendirian sepanjang malam atau bepergian sendiri (Ahmad). Bukan hanyakarena laki-laki itu akan kesepian, tapi lebih karena istri dananak-anaknya akan ditinggal sendirian di rumah tanpa penjagaan dari sang suami.

10. Kami undang orang-orang alim yang berpengetahuan ke rumah kami. Jika kita undang orang-orang seperti ini kerumah kita, insya Allah merekaakan mendatangkan banyak kebaikan bagi kita. Yang mereka bincangkanbukanlah hal-hal duniawi semata, melainkan segala sesuatu yg berguna untukmenambah keimanan kita. Kita harus selalu berdo'a pada Allah untuk memudahkan kita mendapatkan teman-teman yg seperti ini. Rasulullah s.a.wberkata ; Bertemanlah dengan orang-orang yang beriman, dan biarkan makananmudimakan oleh orang-orang yang sholeh. ( Abu Dawud, Tirmithi)

11. Tak ada 'kemungkaran' di rumah kami. Televisi (kecuali untuk program-program pendidikan) dan musik-musik yang terlarang, tidak diijinkan diputar didalam rumah. Gambar dan lukisandidinding tidak melukiskan sesuatu yang bernyawa ; tidak ada patung atausesuatupun yang menyerupai patung ; tidak memelihara anjing didalam rumah,tidak diijinkan merokok, dekorasi rumah tetap cantik meskipun bersahaja dantidak berlebihan; telepon tidak digunakan untuk bergunjing atau berebicarayg tidak perlu ; jika tamu datang berkunjung, laik-laki dan perempuan dudukterpisah, dsb.

12. Rumah dibuat/dipilih untuk menunjang kehidupan beribadah. Sungguh baik jika kita bisa memiliki rumah yang berdekatan dengan masjid,sehingga memudahkan bagi kaum laki-laki yg ada di rumah tsb. untukmenghadiri sholat berjamaah. Dan memudahkan bagi anggota keluarga lainnyauntuk mengunjungi masjid, misalnya untuk mengikuti kegiatan-kegiatankeagamaan, atau pertemuan-pertemuan sosial. Dianjurkan juga untuk memilihtempat tinggal dimana banyak muslim lainnya tinggal disitu. Kalau bisa hindarilah lingkungan yg mayoritasnya non muslim dan immoral




Baca Selengkapnya..

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "home islamic home" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2012/03/home-islamic-home.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Senin, 26 Maret 2012, pukul 21.26. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Cara memelihara ikan

Jangan menetaskan telur yang berasal dari indukan yang terlalu tua. Jangan memijahkan beberapa jenis ikan Maskoki pada satu tempat, sebab cara yang demikian ini dapat memungkinkan terjadinya perkawinan silang secara bebas. Jika perkawinan semacam ini berlangsung secara berulang-ulang maka dalam kurun waktu tertentu akan diperoleh kembali jenis ikan Maskoki liar. Telur yang dihasilkan oleh induk betina biasanya akan ditempelkan pada asangkar atau tanaman yang ada di sekitarnya. Tempat pemijahan akan lebih sempurna bila dilengkapi dengan sangkar atau sarang berupa tumbuhan hidup, dahan kering atau tanaman tiruan dari plastic. Mafaat sangkar pada tempat pemijahan tidak hanya untuk sarana menempelkan telur, tetapi juga untuk merangsang agar induk ikan betina segera mengeluarkan telur-telurnya. Permukaan telur betina yang berlendir memungkinkan telur ikan dapat menempel pada sarang. Kendala yang sering timbul dalam tahap pemijahan ini biasanya disebabkan oleh temperatur air yang tidak cocok atau kedua induk tersebut belum dapat menerima lingkungan sekitarnya. Untuk mendapatkan telur yang banyak, dapat ditempuh dengan cara menempatkan induk ikan dengan perbandingan induk ikan jantan lebih banyak dari induk ikan betina. Untuk mendapatka kualitas telur yang baik, tidak perlumengumpulkan telur dari setiap kali pemijahan, tetapi cukup megumpulkan telur yang pertama kali dikeluarkan oleh ikduk betina. Sebab telur yang pertama kali dikeluarkan merupakan telur yang mempunyai mutu paling baik dan sangat bagus untuk ditetaskan.
    Kedalaman air tempat penetasan yang baik adalah sekitar 30 cm. wadah penetasan tersebut akan lebih baik bila dapat diletakkan di tempat yang banyak mendapat sinar matahari, tetapi harus diusahakan suhu airnya tetap berkisar 16-21◦C. jika pengaturan suhu yang demikian sukar untuk dilakukan, maka dapat dipasang alat tambahan berupa thermostat, yaitu alat pengatur suhu yang bekerja secara otomatis. Dalam proses penetasan telur, usahakan tidak mencampur telur yang mempunyai umur berbeda dalam satu tempat. Temperature air merupakan salah satu factor pembatas pertumbuhan telur. Jika temperature air cukup ideal, telur akan menetas sekitar 4-14 hari, sebab kedaaman air dalam batas tertentu dapat mempercepat proses penetasan. Benih ikan yang baru menetas mempunyai ukuran yang sangat halus, karenanya jangan segera dipindahkan ke tempat lain. Benih ikan yang demikian ini sangat sensitive terhadap lingkungan yang baru, sehingga terjadi perbedaan suhu sedikit saja akan menyebabkan kematian. Benih ikan yang baru menetas tidak perlu diberi makan sampai berumur 2 hari, sebab dalam tubuhnya mash terkandung kuning telur yang berfungsi sebagai cadangan makanan. Pada 4 minggu pertama, benih ikan hanya mampu menelan makanan yang berukuran sangat kecil dan biasanya berupa jenis plankton.
    Di alam bebas hidup ikan hanya digunakan untuk mencari makan, kecuali pada  musim bertelur. Makanan yang mengandung protein berguna untuk pertumbuhan tubuh ikan. Hidrat arang dapat menghasilkan energy untuk keperluan gerakan tubuh. Lemak bermanfaat sebagai penghasil energy sekaligus sebagai penghangat tubuh. Mineral berguna untuk memelihara kesehatan dan penangkal masuknya bibit penyakit. Salah satu factor yang menunjang keberhasilan pemeliharaan ikan ialah penyediaan makanan secara cukup dan kontinu, terutama makanan yang dapat diberikan untuk  berbagai tingkatan umur serta ukuran ikan. Jenis makanan ada 2, yaitu alami dan buatan.
1.    MAKANAN ALAMI
Jenis makanan ini sangat membantu pemeliharaan ikan terutama untuk fase benih. Beberapa keuntungannya diantaranya:
a.    Ukurannya sesuai dengan bukaan mulut ikan
b.    Mempunyai gerakan sehingga menimbulkan rangsangan untuk dimangsa
c.    Hidupnya mempunyai fase perkembangbiakan singkat dan muda dikembanng biakkan
d.    Biayanya murah
Dalam memberi makan besar makanan perlu diperhatikan agar mudah ditelan. Makanan alami dapat berupa tumbuhan kecil, hewan kecil atau bagian tubuh hewan lainnya. Jenis makanan alami yang dapat digunakan untuk makanan Maskoki berukuran benih atau dewasa antara lain :
1.    Plankton : -fitoplankton
  -zooplankton
  -rotifera
  -infusoria
2. jenis udang-udangan : -moina
                     -daphnia
                     -artemia
                     -cyclops
3. cacing : - cacing tubifeks
           - cacing tanah
4. larva nyamuk
5.kuning telur.
2. MAKANAN BUATAN
    Dapat digunakan sebagai makanan kombinasi, agar tidak menimbulkan kebosanan. Cara pemberian dilakukan berselang-seling antara makanan alami dan buatan dengan aturan 2x sehari.
    Fungsi sinar : untuk fotosintesis tumbuhan air sehingga dapat dimanfaatkan untuk pernafasan ikan. Kandungan oksigen juga dipengaruhi oleh suhu sekitar, semakin hangat air semakin sedikit oksigennya. Fungsi lain sinar matahari adalah membantu pembentukan warna sisik dan sirip ikan. Factor yang perlu di perhatikan dalam memilih sinar :
a.    warna sinar
b.    kemampuan sinar menembus air
c.    jenis tanaman air dalam akuarium
bila menggunakan lampu jangan menempatkan lampu dengan watt terlalu besar atau terlalu kecil. Pemakaian sinar yang tepat dapat menekan pertumbuhan lumut dan ganggang sehingga kaca tidak cepat kotor. Jenis lampu yang lebih baik contohnya : lampu yang dapat mengeluarkan sinar fluorescent. Lampu ini tidak menyebabkan panas, lebih terang dan tahan lama. Sinar tersebut baik untuk pengganti sinar matahari. Masalah lain yang timbul dalam pemeliharaan ikan adalah keruhnya kaca akuarium akibat ganggang yang melekat pada kaca. Untuk menjaga agar lingkungan air bersih dan menghilangkan sisa makanan dapat ditempatkan beberapa hewan air pemangsa bangkai seperti :siput, kepiting, dll.


Baca Selengkapnya..

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Cara memelihara ikan" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2012/03/cara-memelihara-ikan.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal , pukul 19.15. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Resiko Malas olahraga

Bagi mereka yang kurang gerak dan olah raga harus berhati-hati, karena mereka kemungkinan besar akan memiliki resiko seperti dibawah ini:
1.    Meningkatnya berat badan yang akan menjadi beban berat berbagai organ tubuh, persendian, dan otot-otot.
2.    Mengerutkan dan mengurangi ukuran otot sehingga menjadikannya tidak mempu bekerja dengan baik.
3.    Menimbulkan rasa nyeri pada punggung serta kekakuan pada persendian dan tulang punggung
4.    Mengecilkan dan mengurangi kemampuan jantung, disamping menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah.
5.    Berkurangnya kondisi sehat setelah kerja keras yang dilakukan.
6.    Mengurangi jumlah jam produktif karena kurang gerak dan kebugaran fisiknyapun berkurang.
7.    Berkurangnya simpanan energi kimiawi sehingga kemampuan tubuh berkurang dalam menghadapi tuntutan fisik.
8.    Terjadi banyak penyakit seperti luka, kesulitan pencernaan, stress menahun, dan depresi.
9.    Bertambahnya frekuensi detak jantung dan pernafasan saat melakukan gerak kerja fisik.
10.    Mudah capai dan letih akibat kerja apapun.
11.    Berkurangnya kemampuan tubuh untuk menyerap oksigen. Ini berarti menyebabkan turunnya kemampuan fisik.
12.    Mengurangi kelenturan tubuh dan ekuatan otot, dan selanjutnya mengurangi daya tahan tubuh.
13.    Meningkatnya kadar lemak dalam tubuh yang kemudian menimbulkan beban pada tubuh sehingga tidak energik.
14.    Meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang menyebabkan terjadinya penebalan pembuluh nadi dan menjadikan tubuhnya memiliki resiko tinggi.
15.    Menyebabkan kegemukan yang menimbulkan berbagai permasalahan seperti pencernaan, nyeri dibagian bawah punggung, lekukan pada bagian bawah punggung, dan tekanan dibagian antara perut dan dada.
16.    Menimbulkan masalah pada organ pernafasan berupa tekanan pada paru-paru, tertutupnya saluran udara, dan kesulitan bernafas.
17.    Tidak berfungsinya kandung kemih, liver, dan organ-organ vital lainnya.
18.    Meningkatnya kadar gula dalam darah yang menyebabkan mudah terkena berbagai penyakit.
19.    Secara umum, tubuh menjadi mudah lemas, tidak energik, dan kurang bergairah.

Baca Selengkapnya..

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Resiko Malas olahraga" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2012/03/resiko-malas-olahraga.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal , pukul 17.10. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Jenis hewan dan tumbuhan langka

A. Jenis Hewan dan Tumbuhan yang Mendekati Kepunahan
Setiap makhluk hidup mempunyai ciri-ciri tubuh yang sangat menarik jika kita perhatikan, mengapa demikian? Karena alat-alat tubuh baik luar atau organ tubuh bagian dalam disesuaikan dengan tempat hidupnya. Lingkungan yang ditempati makhluk hidup untuk melakukan kegiatan disebut habitat. Untuk dapat melangsungkan hidupnya, setiap makhluk hidup memerlukan habitat yang sesuai. Perubahan lingkungan dapat menyebabkan perubahan habitat sehingga tidak cocok/sesuai lagi dengan makhluk hidupnya. Perubahan lingkungan dapat terjadi secara alamiah. Misalnya gunung meletus, musim, pergantian siang dan malam dan perubahan lingkungan akibat perbuatan manusia, misalnya perburuan hewan, penebangan hutan, pembangunan jalan, pembangunan bendungan. Karena perubahan lingkungan ini maka terjadi perubahan jumlah individu yang menempati suatu daerah tertentu. Maka sekarang dikenal adanya istilah hewan dan tumbuhan langka atau mendekati kepunahan. Hewan dan tumbuhan langka dan mendekati kepunahan biasanya dilindungi oleh pemerintah dalam suatu tempat perlindungan karena jumlahnya di alam bebas sedikit.
1. Hewan yang Mendekati Kepunahan
a. Badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus) dan badak bercula dua (Dicerorhinus sumatrensis).
Badak merupakan hewan paling langka dan paling terancam punah. Mempunyai masa hidup 33 tahun dengan panjang kira-kira 2,5 m dan tinggi 1,3 m. Badak termasuk hewan mamalia yang mengalami perkembangbiakan yang lama, dalam satu tahun hanya dapat melahirkan anak 1-2 individu. Perkembangbiakannya pun dapat berlangsung jika kondisi lingkungannya stabil. Badak bercula satu ditemukan didaerah ujung kulon Banten sedangkan Badak bercula dua habitat aslinya di Taman Nasional Kerinci Seblat Sumatera. Populasi Badak kian hari semakin menurun karena banyaknya pemburuan liar untuk mengambil culanya.


b. Cendrawasih
Burung Cendrawasih terkenal karena keindahan bulunya yang berwarna-warni. Umumnya bulu-bulunya sangat cerah dengan kombinasi hitam, coklat kemerahan, oranye, kuning, putih, biru, hijau, bahkan juga ungu.


Burung ini hidup menyendiri di lembahlembah pegunungan hutan tropis dan biasa bersarang di atas kanopi pohon yang tinggi besar. Cendrawasih betina biasanya bertelur dua butir, mengerami dan membesarkan anaknya sendiri. Bulu burung betina dan anak-anaknya berwarna pucat dan mereka berkumpul dalam suatu kawanan agar tidak diganggu musuh. Burung ini merupakan ciri khas dari papua karena hidup di daerah pedalamam papua. Dengan maraknya penangkapan, penebangan hutan, perkebunan sawit, dan pencarian kayu gaharu hutan di pegunungan dan pedalaman Papua menyebabkan perubahan lingkungan tempat hidup cendrawasih sehingga jumlahnya kian menurun dari tahun ketahun, selain itu penurunan populasi Cendrawasih dikarenakan sifat reproduksi hewan tersebut sangat lamban.
c. Komodo (Varanus komodoensis)
Komodo termasuk reptil yang bentuknya menyerupai biawak. Penyebaran hewan ini tidak luas hanya terdapat di Pulau Komodo Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jumlah komodo di alam bebas semakin sedikit karena jumlah makanannya yang sedikit yaitu daging dan bangkai hewan ternak,
oleh karena itu oleh Pemerintah ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi.

d. Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)
Jalak bali termasuk burung yang memiliki bulu yang indah, karena keindahannya burung ini banyak di tangkap oleh pemburu liar untuk di jual atau di peliharan sendiri. Sehingga sekarang jumlah burung ini di alam bebas semakin berkurang. Penurunan jumlah jalak bali disebabkan karena habitat tempat burung ini berlindung dan berkembang biak mulai menyempit seiring dengan semakin meningkatnya penebangan hutan.


2. Tumbuhan yang Mendekati Kepunahan
a. Raflesia Arnoldi
Bunga Rafflesia hidup di Tama Nasional Bengkulu, mempunyai ukuran dengan diameter bunga yang hampir mencapai 1 meter. Bunga ini terkenal dengan sebutan bunga bangkai karena mengeluarkan bau busuk yang menyengat. Bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga digunakan untuk menarik lalat yang hinggap dan membantu penyerbukan. Raflesia Arnoldi merupakan tumbuhan parasit yang memerlukan inang untuk hidupnya. Saat ini kondisi habitat Raflesia Arnoldi sangat memprihatinkan sehingga jumlahnya menurun drastis dari tahun ke tahun. Menyusutnya habitat bunga tersebut di antaranya disebabkan kegiatan manusia seperti pembukaan wilayah hutan baik untuk kegiatan pertambangan, pertanian, maupun permukiman.


b. Pohon Cendana (Sanlallum album)
Pohon cendana termasuk tumbuhan berkayu yang dapat menghasilkan bau harum pada batang dan akarnya. Karena keharumannya pohon ini menjadi sangat berharga. Kayu cendana dipakai sebagai bahan dasar parfum dan sabun. Sifat kayunya yang halus digunakan untuk membuat hiasan. Pohon cendana merupakan tumbuhan kebanggaan dan ciri khas provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pohon cendana sekarang jumlahnya semakin berkurang sehingga digolongkan tumbuhan langka. Kebijaksanaan pemerintah yang menetapkan seluruh kayu cendana dimiliki pemerintah baik yang tumbuh alami atau di taman warga menyebabkan masyarakat tidak terdorong untuk melestarikannya. Namun sekarang masyarakat dipersilakan menanam sebanyak-banyaknya dan hasilnya sepenuhnya milik mereka.



 
Baca Selengkapnya..

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Jenis hewan dan tumbuhan langka" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2012/03/jenis-hewan-dan-tumbuhan-langka.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal , pukul 17.03. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Jenis-jenis paragraf dan contohnya




ARGUMENTASI
Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang menjelaskan pendapat dengan berbagai keterangan dan alasan. Hal ini dimaksudkan untuk meyakinkan pembaca. Selain itu, paragraf tersebut dikembangkan dengan pola pengembangan sebab akibat. Hubungan sebab akibat mula-mula bertolak dari suatu peristiwa yang dianggap sebagai sebab yang diketahui, kemudian bergerak maju menuju suatu kesimpulan sebagai efek atau akibat. Efek yang muncul dapat berupa efek tunggal dan efek jamak (bersama-sama)
Contoh dari paragraf argumentasi:
Pendidikan gratis hanya janji yang bergema luas saat kampanye dan pemilihan pimpinan daerah maupun pusat. Saat pemilihan usai akan lain ceritanya. Anak-anak miskin di kota, desa, dan pedalaman tetap mengalami kesulitan untuk mengakses pendidikan yang layak. Di perkotaan sekolah berlomba-lomba meningkatkan sarana dan prasaran dengan jalan menaikkan pungutan dengan dalil sumbangan pendidikan, uang gedung, dan lain-lain karena biasanya masyarakat perkotaan lebih memilih sekolah yang mempunyai sarana pendidikan yang baik sehingga mereka tidak akan segan untuk membayar mahal demi memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak mereka. Sebaliknya di pinggiran kota, pedesaan, dan pedalaman, sekolah tidak bisa mengenakan pungutan kepada orang tua siswa karena tidak ada lagi yang bisa dipungut dari masyarakat. Para siswa harus puas dengan kondisi fasilitas pendidikan yang jauh dari kata layak.
EKSPOSISI
Paragraf Eksposisi merupakan karangan yang bertujuan untuk menginformasikan tentang sesuatu sehingga memperluas pengetahuan pembaca. Karangan eksposisi bersifat ilmiah/nonfiksi. Sumber karangan ini dapat diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman.
Di sinilah perbedaannya dengan karangan deskripsi. Karangan deskripsi bertujuan menggambarkan / melukiskan sesuatu sehingga seolah-olah pembaca mengatakannya sendiri. Karangan deskripsi dapat bersifat ilmiah atau nonilmiah. Sumber karangan diperoleh dari hasil pengamatan,penelitian,dan imajinasi.Paragraf Eksposisi tidak selalu terbagi atas bagian bagian yang disebut pembukaan,pengembangan,dan penutup. Hal ini sangat tergantung dari sifat karangan dan tujuan yang hendak dicapai.


Contoh dari paragraph Eksposisi :
Jatuhnya pesawat berkapasitas 266 penumpang airbus A300- 600 merupakan peristiwa kedua bagi American Airlines beberapa detik lepas landas dari bandar udara internasional O’Hare Chicago, tiba-tiba mesin kiri lepas dari dudukannya. Pilot tidak bisa mengendalikan pesawat akibat keseimbangan pesawat mendadak berubah dengan jatuhnya mesin berbobot sekitar 5 ton. Pesawat mendarat dan menghujam tempat parkir kendaraan 31 detik kemudian dan 271 penumpang plus awak tewas seketika. Kecelakaan lain menyangkut mesin copot dialami oleh pesawat kargo El-Al milik flag carier Israel, 4 Oktober 1992. Mesin nomor empat atau yang paling ujung pada sayap kanan, tiba-tiba lepas akibat dua fuse-pin (baut kedudukan mesin) lepas. Disusul kemudian oleh mesin nomor tiga. Mendadak kehilangan dua mesin, pilot tidak dapat mengendalikan pesawat dan menabrak gedung bertingkat di Amsterdam, Belanda. Empat awak tewas berikut 47 penghuni flat yang ditabrak.

DESKRIPSI  
Paragraf deskripsi adalah paragraf yang bertujuan untuk memberikan kesan/impresi kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. Atau secara singkat paragraf deskripsi bisa diartikan sebagai paragraf yang isinya menggambarkan suatu objek sehingga sehingga pembaca bisa seolah-olah melihat dan merasakan apa yang tertulis dalam paragraf tersebut.
Contoh paragraf deskripsi:

Pemandangan Pantai Parangtritis - Yogya sangat mempesona. di sebelah kiri terlihat tebing yang sangat tinggi dan di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Parangtritis ini kita bisa bermain pasir dan merasakan hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah. Disore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan momen sangat istimewa melihat matahari yang seolah-olah amsuk ke dalam hamparan air laut .




NARASI
Paragraf narasi merupakan salah satu jenis paragraf yang mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa berdasarkan urutan waktu. Paragraf narasi terdiri atas narasi kejadian dan narasi runtut cerita.
1. Paragraf narasi kejadian adalah paragraf yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa.
2. Paragraf narasi runtut cerita adalah pola pengembangan yang menceritakan suatu urutan dari tindakan atau perbuatan dalam menciptakan atau menghasilkan sesuatu.
LAHIR di Yogyakarta, 18 Septemberr 1943, Kuntowijoyo sudah bergelut dengan kegiatan tulis-menulis sejak 1958 ketika ia masih duduk di kelas tiga SMP. Cerpen-cerpen awalnya muncul di majalah Sastera dan Horison. Meraih gelar doktor dalam bidang sejarah pada Universitas Columbia (1980) dengan disertasi berjudul Social in An Agrarian Society Madura 1 1 (kini dalam proses penerjemahan ulang untuk diterbitkan dalam edisi bahasa Indonesia), Kunto dikenal sebagai sejarawan sekaligus sastrawan andal. Beberapa karya sastranya sudah dibukukan, di antaranya Dilarang Mencintai Bunga- Bunga (kumpulan cerpen); umput- umput Danau Bento (1968) dan Topeng (1973): naskah drama; Kereta Api yang Berangkat Pagi Hari (1966), Pasar (1972), dan Khotbah di Atas Bukit (1976): novel; Isyarat dan Suluk Awang- wung (kumpulan puisi). Buku-bukunya di bidang sejarah, sosial, dan budaya juga telah terbit, seperti Dinamika Sejarah mat Islam Indonesia (1985); Budaya dan Masyarakat (1987); Paradigma Islam Interpretasi untuk Aksi (1991), dan adikalisme Petani (1993). Tiga di antara sekian banyak cerpennya yang dimuat di Kompas terpilih sebagai cerpen terbaik Kompas dalam tiga tahun berturut-turut, yakni Laki-laki yang Kawin dengan Peri (1995); Pistol Perdamaian (1996); dan Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan (1997). Ketika novel ini dalam prosespenerbitan, Kuntowijoyo yang kini tercatat sebagai Koordinator Mata Kuliah Jurusan Sejarah Fakultas Sastra UGM tengah mempersiapkan naskah pidato untuk upacara pengukuhan dirinya sebagai guru besar tetap pada Fakultas Sastra UGM.
 
Baca Selengkapnya..

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Jenis-jenis paragraf dan contohnya" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2012/03/jenis-jenis-paragraf-dan-contohnya.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal , pukul 17.01. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Dampak buruk Sanitasi

Dampak Buruk Sanitasi Terhadap Kualitas Hidup
Sebagian masyarakat kita tidak memiliki sitem sanitasi yang memadai. Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi (JPIP) terus mendorong komitmen dan kepedulian daerah. Bagaimana parameter sanitasi dalam Otonomi Awards (OA) 2010? Berikut paparan Wawan Sobari, peneliti JPIP.
SANITASI menjadi sorotan global. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menetapkan sanitasi sebagai salah satu target pembangunan milenium (MDGs). Pada 2015, MDGs menargetkan pengurangan 50 persen penduduk dunia yang hidup tanpa akses terhadap sanitasi yang baik.
Menurut Water and Sanitation Program (WSP), posisi Indonesia pada 2004 telah mencapai angka 55 persen. Atau, terdapat 45 persen orang Indonesia yang belum memiliki akses sanitasi yang baik. Angka tersebut setara dengan 100 juta penduduk.
Konsekuensi kondisi sanitasi tersebut adalah munculnya kerugian biaya kesehatan dan kerugian biaya air. Pada 2005, total kerugian biaya kesehatan yang timbul mencapai Rp 2,719 triliun. Porsi terbesar dikeluarkan untuk biaya rawat kesehatan, kemudian biaya produktivitas dan kematian prematur. Biaya air jauh lebih besar hingga mencapai Rp 8,016 triliun. Bagian terbesar dikeluarkan untuk penggunaan air minum, lalu penggunaan domestik air.
Studi WSP menambahkan, sanitasi buruk juga berdampak pada penurunan kualitas lingkungan hidup serta berimbas ke dunia wisata. Dampak pariwisata berupa kerugian ekonomi turis karena buruknya sanitasi bisa mencapai Rp 1,465 triliun pada 2005. Sementara itu, dampak kesejahteraan lain berupa penggunaan waktu yang tidak produktif setara dengan Rp 10,770 triliun.
Situasi di Jawa Timur tidak jauh berbeda, meski angka rata-rata akses sanitasi yang baik di atas angka rata nasional. Namun, kondisinya tidak jauh lebih baik, yakni di bawah 65 persen. Pada saat yang sama, disparitas akses sanitasi yang baik antarkabupaten dan kota pun cukup tinggi di Jatim.
Karena itu, ada daerah yang masyarakatnya lebih banyak dan mampu mengakses fasilitas jamban yang sehat, aman, serta bersifat pribadi. Pada saat yang sama, masih ada pula daerah yang masyarakatnya sulit mengakses sanitasi yang baik.
Fokus Perubahan Perilaku
Di tingkat daerah, komitmen sanitasi masih belum menonjol. Berdasar monitoring JPIP 2009, semua kabupaten dan kota di Jawa Timur mengalokasikan anggaran pembangunan sanitasi. Besarannya bervariasi, mulai yang terkecil Rp 141 juta yang dialokasikan Kabupaten Tuban.
Komitmen terbesar ditunjukkan Kabupaten Sidoarjo yang mengalokasikan hingga lebih dari Rp 18,2 miliar. Rata-rata alokasi anggaran setiap daerah di Jawa Timur mencapai Rp 4,75 miliar.
Secara umum, komitmen anggaran sanitasi kabupaten dan kota di Jatim masih sangat rendah. Rata-rata rasio alokasi anggaran sanitasi terhadap belanja langsung kabupaten dan kota hanya mencapai angka 0,0085 persen. Rasio anggaran sanitasi 14 daerah di atas angka rata-rata tersebut. Sisanya berada di bawah rata-rata.
Karena itu, parameter sanitasi berfokus pada setiap usaha daerah (pemda) melakukan perubahan sanitasi masyarakat dari kondisi sanitasi buruk menuju sanitasi sehat. Aktivitas menuju sanitasi sehat tidak menyandarkan pada usaha masyarakat semata. Namun, lebih pada upaya-upaya daerah (pemda) mendorong perubahan perilaku sanitasi masyarakat dan pencapaian sanitasi total.
Secara operasional, terdapat tiga indikator utama parameter sanitasi. Pertama, upaya-upaya peningkatan permintaan (demand) sanitasi dan kebersihan rumah tangga serta masyarakat. Peningkatan permintaan merupakan bentuk rekayasa sosial yang dilakukan pemda guna menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya sanitasi dan kebersihan. Kemudian, berdampak pada peningkatan permintaan masyarakat akan sanitasi sehat sebagai bentuk kesadaran kolektif dan individu.
Berikutnya, usaha-usaha untuk mengembangkan dan memasok (supply) produk dan pelayanan sanitasi. Yakni, usaha memenuhi permintaan sanitasi serta kebersihan masyarakat melalui fasilitas pengembangan produk dan pelayanan sanitasi yang sesuai kebutuhan masyarakat setempat. Pemda bisa menjalin kerja sama dengan tukang bangunan, pemilik pabrik, serta supplier produk dan pelayanan sanitasi untuk memahami permintaan masyarakat guna memenuhi kondisi sanitasi sehat.
Terakhir, setiap kegiatan dan kebijakan pemda untuk menciptakan lingkungan yang mendukung (enabling environment) perbaikan sanitasi masyarakat dan pencapaian sanitasi total. Secara kultural, pemda berupaya membangun koalisi sanitasi sehat dengan berbagai stakeholder yang berpotensi mendorong perbaikan sanitasi masyarakat. Secara struktural, pemda bisa membuat regulasi lokal yang mendorong percepatan perbaikan sanitasi masyarakat dan pencapaian sanitasi total.
Meski berupaya mengukur seberapa kuat peran dan komitmen pemda, parameter sanitasi itu tidak berarti mengesampingkan peran masyarakat. Sebaliknya, pemda berposisi sebagai fasilitator atau bahkan katalisator perubahan perilaku dan permintaan sanitasi masyarakat serta jejaring supply sanitasi. Jadi, peran pemda lebih pada upaya mendorong terciptanya kesadaran dan tindakan kolektif masyarakat guna perbaikan perilaku sanitasi.

Baca Selengkapnya..

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Dampak buruk Sanitasi" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2012/03/dampak-buruk-sanitasi.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal , pukul 16.55. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Alat pencernaan pada manusia

ALAT – ALAT PENCERNAAN MANUSIA

1. Mulut    :  Gigi  : - Seri  -Taring –Geraham
                           Lidah
                           Kelenjar ludah : - G.Parotis : Berada didekat telinga dan menghasilkan enzim ptyalin serta ludah
                              (Glandula)         G.Submandibularis : Terletak dibawah lidah dan menghasilkan getah yang mengandung air serta lendir
                G.Sublingualis : Terletak dibawah rahang atas
2. Kerongkongan    : Otot polos
      (Esofagus)               Otot lurik
3. Lambung    : Kardia ( lambung bgn atas,berbatasan dgn kerongkongan)    : Otot memanjang(bg.luar)
    (Ventrikulus)      Fundus ( lambung bgn tengah)    Dinding lambung    : Otot melingkar(bg.tngah)
      Pilorus ( lambung bgn bawah,dkt duodenum)     : Otot miring(bg.dalam)
    

    Asam lambung : HCl : Membunuh kuman dan mengasamkan makanan
                 Enzim-enzim pencernaan : E.Pepsin : mengubah protein menjadi peptone
                                     E.Renin : mengendapkan kasein dalam susu
                                     E.Lipase : memecah lemak menjadi asam lemak
                 Mukosa : Melindungi dinding lambung dari abrasi asam lambung
4. Usus halus       : Duodenum (12 jari)    Didinding usus halus
    (Ventrikulus)          Jejenum (kosong)    terdapat hati,pankreas,    terdapat     Vili : Pembuluh darah
      Ileum (penyerapan)    dan kelenjar-kelenjar    Pembuluh limpa   
    Sel goblet
      Menghasilkan getah
           pencernaan


     Cairan empedu : - menghasilkan bilirubin dan biliverdin yg memberi warna coklat pada feses
                    - mengandung garam empedu, pigmen empedu, air, kolesterol, lesitin
                    - berfungsi untuk memecah lemak menjadi butiran-butiran yg lbh kecil
     Getah pankreas : 1. Lipase : mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol
                     2. Amilse : mengubah amilum menjadi maltosa
                     3. Tripsin : mengubah pepton menjadi dipeptida
         Getah usus : Enzim yang memecah disakarida menjadi monosakarida
                      1. Sakrase : mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa
                      2. Maltase : mengubah maltosa menjadi glukosa
                      3. Isomaltase : mengubah maltosa menjadi komaltosa
                      4. laktase : mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa
                       5. Lipase : Memecah gumpalan lemak menjadi gumpalan yg lebih kecil
                       6. Peptidase : menguraikan peptida menjadi asam amino
                       7. Ribonuklease : menghidrolisis RNA dan memisahkan ikatan fosfat yang menghubungkan nukleotida
                            yang berdekatan
5. Usus besar    : Kolon asenden (naik)
      (Kolon)      Kolon transversum (mendatar)    Terdapat bakteri E.Coli yang hidup pada makanan yang tidak dapat dicerna
      Kolon desenden (turun)    oleh manusia. Mis : selulosa dan menghasilkan vitamin K dan biotin.

              
     Diusus besar tidak terjadi pencernaan mekanis dan kimiawi, tetapi terjadi penyerapan air dan pembentukan feses.
6. Rektum    : - Tempat penyimpanan sementara feses
7. Anus    : - Proses defekasi yaitu proses pengeluaran feses melalui anus
          - Lubang anus terdiri atas otot sfingter yang berupa otot polos di bagian dalam dan otot lurik dibagian bawah.
 
Baca Selengkapnya..

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Alat pencernaan pada manusia" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2012/03/alat-pencernaan-pada-manusia.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Sabtu, 10 Maret 2012, pukul 10.26. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Sistem pendidikan di Indonesia

Pendidikan Masa Hindu-Buddha
Sistem pendidikan pada masa lalu baru dapat terekam dengan baik pada masa Hindu-Buddha. Menurut Agus Aris Munandar dalam tesisnya yang berjudul Kegiatan Keagamaan di Pawitra Gunung Suci di Jawa Timur Abad 14—15(1990). Sistem pendidikan Hindu-Buddha dikenal dengan istilah karsyan. Karsyan adalah tempat yang diperuntukan bagi petapa dan untuk orang-orang yang mengundurkan diri dari keramaian dunia dengan tujuan mendekatkan diri dengan dewa tertinggi. Karsyan dibagi menjadi dua bentuk yaitu patapan dan mandala.
Patapan memiliki arti tempat bertapa, tempat dimana seseorang mengasingkan diri untuk sementara waktu hingga ia berhasil dalam menemukan petunjuk atau sesuatu yang ia cita-citakan. Ciri khasnya adalah tidak diperlukannya sebuah bangunan, seperti rumah atau pondokan. Bentuk patapan dapat sederhana, seperti gua atau ceruk, batu-batu besar, ataupun pada bangunan yang bersifat artificial. Hal ini dikarenakan jumlah Resi/Rsi yang bertapa lebih sedikit atau terbatas. Tapa berarti menahan diri dari segala bentuk hawa nafsu, orang yang bertapa biasanya mendapat bimbingan khusus dari sang guru, dengan demikian bentuk patapan biasanya hanya cukup digunakan oleh seorang saja.
Istilah kedua adalah mandala, atau disebut juga kedewaguruan. Berbeda dengan patapan, mandala merupakan tempat suci yang menjadi pusat segala kegiatan keagamaan, sebuah kawasan atau kompleks yang diperuntukan untuk para wiku/pendeta, murid, dan mungkin juga pengikutnya. Mereka hidup berkelompok dan membaktikan seluruh hidupnya untuk kepentingan agama dan nagara. Mandala tersebut dipimpin oleh dewaguru.
Berdasarkan keterangan yang terdapat pada kropak 632 yang menyebutkan bahwa ” masih berharga nilai kulit musang di tempat sampah daripada rajaputra (penguasa nagara) yang tidak mampu mempertahankan kabuyutan atau mandala hingga jatuh ke tangan orang lain” (Atja & Saleh Danasasmita, 1981: 29, 39, Ekadjati, 1995: 67), dapat diketahui bahwa nagara atau ibu kota atau juga pusat pemerintahan, biasanya dikelilingi oleh mandala. Dalam hal ini, antara mandala dan nagara tentunya mempunyai sifat saling ketergantungan. Nagara memerlukan mandala untuk dukungan yang bersifat moral dan spiritual, mandala dianggap sebagai pusat kesaktian, dan pusat kekuatan gaib.
Dengan demikian masyarakat yang tinggal di mandala mengemban tugas untuk melakukan tapa. Kemakmuran suatu negara, keamanan masyarakat serta kejayaan raja sangat tergantung dengan sikap raja terhadap kehidupan keagamaan. Oleh karena itu, nagara perlu memberi perlindungan dan keamanan, serta sebagai pemasok keperluan yang bersifat materiil (fasilitas dan makanan), agar para pendeta/wiku dan murid dapat dengan tenang mendekatkan diri dengan dewata.
Pendidikan Masa Islam
Sistem pendidikan yang ada pada masa Hindu-Buddha kemudian berlanjut pada masa Islam. Bisa dikatakan sistem pendidikan pada masa Islam merupakan bentuk akulturasi antara sistem pendidikan patapan Hindu-Buddha dengan sistem pendidikan Islam yang telah mengenal istilah uzlah (menyendiri). Akulturasi tersebut tampak pada sistem pendidikan yang mengikuti kaum agamawan Hindu-Buddha, saat guru dan murid berada dalam satu lingkungan permukiman (Schrieke, 1957: 237; Pigeaud, 1962, IV: 484—5; Munandar 1990: 310—311). Pada masa Islam sistem pendidikan itu disebut dengan pesantren atau disebut juga pondok pesantren. Berasal dari kata funduq (funduq=Arab atau pandokheyon=Yunani yang berarti tempat menginap).
Bentuk lainnya adalah, tentang pemilihan lokasi pesantren yang jauh dari keramaian dunia, keberadaannya jauh dari permukiman penduduk, jauh dari ibu kota kerajaan maupun kota-kota besar. Beberapa pesantren dibangun di atas bukit atau lereng gunung Muria, Jawa Tengah. Pesantern Giri yang terletak di atas sebuah bukit yang bernama Giri, dekat Gersik Jawa Timur (Tjandrasasmita, 1984—187). Pemilihan lokasi tersebut telah mencontoh ”gunung keramat” sebagai tempat didirikannya karsyan dan mandala yang telah ada pada masa sebelumnya (De Graaf & Pigeaud, 1985: 187).
Seperti halnya mandala, pada masa Islam istilah tersebut lebih dikenal dengan sebutan ”depok”, istilah tersebut menjadi nama sebuah kawasan yang khas di kota-kota Islam, seperti Yogyakarta, Cirebon dan Banten. Istilah depok itu sendiri berasal dari kata padepokan yang berasal dari kata patapan yang merujuk pada arti yang sama, yaitu “tempat pendidikan. Dengan demikian padepokan atau pesantren adalah sebuah sistem pendidikan yang merupakan kelanjutan sistem pendidikan sebelumnya.


A. Pendidikan masa bangsa Portugis dan Spanyol
Setelah menguasai malaka pada permulaan abad ke -16, orang-orang Portugis bergerak mencari daerah sumber rempah-rempah di Indonesia bagian timur. Mereka menguasai pulau Ternate, Tidore, Ambon dan Bacan. Dalam gerakan selalu di ikuti oleh missinaries Roma Khatolik. Segera sesudah menduduki daerah atau pulau maka langkah pertama yang dikerjakan adalah menjadikan penduduk setempat penganut agama roma katolik. Tugas ini dilakukan oleh padri-padri dari “ordo Fransiskan” sesudah masyarakat pribumi dibaptis langkah berikutnya adalah memberikan pendidikan kepada mereka agar  agama baru yang telah dipeluk dapat diresapi dan didalami. Peranan para missionaris dari “ordo franciskan” kemudian terdesak oleh kaum “Yezuit”(salah satu ordo padri Katolik) dibawah pimpinan Fransiskus Xaverius(1506-1552)yang kemudian menjadi peletak dasar dari Katolik se Indonesia.
Pada tahun 1536 penguasa Portugis di Maluku bernama Antonio Galvano, mendirikan sekolah seminari untuk anak-anak dari pemuka Bumiputera. Selain pelajaran agama juga diajarkan membaca, menulis dan berhitung. Apakah bahasa pengantar  pada sekolah tersebut digunakan bahasa Portugis atau bahasa daerah tidak dapat diketahui secara jelas. Sekolah semacam ini didirikan di pulau Solor jumlah muridnya mencapai 50 siswa, diketahui bahwa bahasa latin diajarkan pada Bumi Putera ternyata dapat mengikuti pelajaran dan ingin melanjutkan dan meneruskan studi ke Goa, yang menjadi kekuatan Portugis di Asia. Fransiskus Xaverius pada tahun 1547 pergi ke Goa dari Ternate dengan membina pemuda-pemuda Maluku untuk melanjutkan pendidikan ke Goa (Soemarsono Mestoko,dkk:1986:71).
Penyebaran agama Katolik di daerah Maluku demikian pula penyelenggaraan pendidikan tidak banyak mengalami perubahan atau kemajuan yang berarti karena selain hubungan bangsa Portugis dengan Sulatan Ternate kurang baik, mereka harus berperang melawan bangsa Spanyol kemudian Inggris.
Akhirnya Belandalah yang dapat menghalau bangsa Portugis dari Indonesia Timur dan kemudian mengambil alih segala Harta banda termasuk milik Gereja Katolik beserta lembaga pendidikannya. Tetapi sebagian penduduk masih setia terhadap katolik roma hingga Sekarang(Sumarsono Mestoko, dkk:1986:72).

Pendidikan colonial berawal dari kedatangan bangsa portugis ke nusantara, yaitu Maluku, dengan mengemban missi 3G (glory, gold, gospel). Orang-orang Portugis datang ke Indonesia dengan membawa paderi-paderi yang bertugas menyebarkan agama mereka, Katholik Roma. Langkah pertama yang mereka lakukan untuk menyebarkan agama adalah dengan melakukan pembabtisan kepada penduduk setempat setelah itu mereka memberikan pendidikan kepada mereka agar agama baru yang dipeluk itu dapat diresapi dan didalami. Didirikan juga sekolah seminari untuk anak-anak dari para bangsawan dan pemuka masyarakat. Selain pelajaran agama diajarkan pula pelajaran menulis, membaca dan berhitung. (Sumarsono Maestoko, 1979: 36-38)
Setelah VOC menguasai nusantara pendidikan portugis yang beraliran Khatolik-Roma digantikan dengan aliran Kristen-Protestan oleh Belanda. Berbeda dengan kebijakan pendidikan yang ada di belanda yang member wewenang penuh pendidikan kepada gereja, VOC yang diberi wewenang penuh dalam mengatur daerah kekuasaannya tidak memberikan penanganan pendidikan kepada gereja. Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran walupun masih tetap dilakukan oleh kalangan agama tetapi mereka adalah pegawai-pegawai VOC. Pendidikan VOC diselenggarakan selain karena kebutuhan orang-orang Belanda akan pendidikan juga karena kebutuhan VOC akan tenaga kerja pembantu pribumi yang murah. Untuk dapat melaksanakan tugasnya, mereka perlu diberi pendidikan sekedarnya. VOC selain mengambil alih sekolah-sekolah milik Portugis juga mendirikan sekolah sendiri. Bebrapa sekolah milik VOC anatara lain Batavische shool, sekolah lati, seminarium theologicum, dan academie der Marine. (Sumarsono Maestoko, 1979: 41-44)
Setelah VOC mengalami kebangkrutan maka Indonesia langsung berada di bawah kekuasaan kerajaan Belanda. Saat itu di Eropa muncul aliran baru, yaitu Aufklarung. Menurut aliran itu pendidikan harus dipisahkan dari gereja. Belanda menerapkan aliran itu ke Indonesia. Pendidikan tidak lagi memihak suatu agama, persekolahan diarahkan untuk membentuk suatu golongan elite social yang digunakan sebagai alat supermasi politik dan ekonomi belanda. (Sumarsono Maestoko, 1979:47-48). Tujuan pendidikan masa Hindia Belanda adalah memnuhi kebutuhan tenaga kerja dan buruh bagi Belanda.(Redja Mundyahardjo, 2001:262) Belanda membatasi pendidikan hanya untuk kalangan bangsawan pribumi. Baru setelah dicetuskannya politik etis, Belanda mulai mendirikan sekolah-sekolah barat untuk kalangan pribumi. Pendidikan yang disediakan oleh belanda hanay sekedar belajar membaca, menulis dan berhitung. Setelah lulus dari sekolah mereka hanay bekerja sebagai pegawai kelas rendah bagi kantor-kantor belanda.( Pulung Septyoko, 2008:4)

Baca Selengkapnya..

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Sistem pendidikan di Indonesia" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2012/03/sistem-pendidikan-di-indonesia.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal , pukul 10.24. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Kenakalan Remaja


Masa kanak-kanak, remaja, dewasa, dan kemudian menjadi orangtua, tidak lebih hanyalah merupakan suatu proses wajar dalam hidup yang berkesinambungan daritahap-tahap pertumbuhan yang harus dilalui oleh seorang manusia. Setiap masa pertumbuhan memiliki ciri-ciri tersendiri. Masing-masing mempunyai kelebihandankekurangan. Demikian pula dengan masa remaja. Masa remaja sering dianggapsebagai masa yang paling rawan dalam proses kehidupan ini. Masa remaja seringmenimbulkan kekuatiran bagi para orangtua. Masa remaja sering menjadi pembahasandalam banyak seminar. Padahal bagi si remaja sendiri, masa ini adalah masa yang paling menyenangkan dalam hidupnya. Oleh karena itu, para orangtua hendaknya berkenan menerima remaja sebagaimana adanya. Jangan terlalu membesar-besarkan perbedaan. Orangtua para remaja hendaknya justru menjadi pemberi teladan di depan,di tengah membangkitkan semangat, dan di belakang mengawasi segala tindak tanduk siremaja.Remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa. Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia antara 13 tahunsampai dengan 18 tahun. Seorang remaja sudah tidak lagi dapat dikatakan sebagaikanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa.Mereka sedang mencari pola hidup yang paling sesuai baginya dan inipun seringdilakukan melalui metoda coba-coba walaupun melalui banyak kesalahan. Kesalahanyang dilakukan sering menimbulkan kekuatiran serta perasaan yang tidak menyenangkan bagi lingkungan dan orangtuanya. Kesalahan yang diperbuat pararemaja hanya akan menyenangkan teman sebayanya. Hal ini karena mereka semuamemang sama-sama masih dalam masa mencari identitas. Kesalahan-kesalahan yangmenimbulkan kekesalan lingkungan inilah yang sering

disebut sebagai kenakalanremaja
.Pengertian Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang darinorma-norma hokum pidana yang dilakukan oleh remaja.Perilaku tersebut akanmerugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya

Jenis-jenis kenakalan remaja
1.Kenakalan remaja di sekolahMisal :
a.Tidak masuk sekolah tanpa keterangan.
b.Meninggalkan sekolah pada saat jam pelajaran.
c.Membawa senjata tajam ketika sekolah.2.Kenakalan remaja di luar sekolah(masyarak
Kenakalan remaja di luar sekolah(masyarakat)Misal :
a.Ikut balapan tiar antar geng.
b.Ikut tawuran antar geng.
c.Minum minuman keras.
d.Mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba dan lain sebagainya.3.Kenakalan remaja di lingkungan keluargaMisal :
a.Tidak mendengarkan nasehat orang tua.
b.Tidak mentaati perintah orang tua.
c.Melanggar norma yang telah di sepakati bersama keluarga

Penyebab terjadinya kenakalan remaja
Perilaku nakal remaja bias di sebabkan oleh factor dari remaja itu sendiri(internal)maupun dari luar (eksternal)
•faktor internal :
1)Krisis identitas

 
Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkanterjadinya dua bentuk intregasi.pertama,terbentuknya persaan akankonsistensi dalam kehidupannya.ke dua,tercapainya identitas peran.kenakalan remaja terjadi karena remaja gagal mencapai masaintregasi ke dua.
2)Kontrol diri yang lemahRemaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yangdapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku “nakal”


Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja
.1.Kegagalan yang mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisadicegah atau diatasi dengan prinsip keteladana.
2.Adanya motifasi dari keluarga , guru , teman sebaya untuk melakukan point pertama.
3.Kemauan orang tua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga terciptakeluarga yang harmonis , komunikatif , dan nyaman bagi remaja.
4.Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orang tuamember arahan dengan siapa dan dikomunitas mana remaja harus bergaul.
5.Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak terpengaruh jika ternyatateman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan
 
Baca Selengkapnya..

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Kenakalan Remaja" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2012/03/kenakalan-remaja.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal , pukul 09.12. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Cara Ternak Ayam yang baik

Peluang usaha ternak ayam kampung memiliki nilai tersendiri di tengah gencarnya ternak ayam pedaging (ayam ras). Ayam kampung disukai orang karena dagingnya yang kenyal dan “berisi”, tidak lembek dan tidak berlemak sebagaimana ayam ras. Berbagai masakan Indonesia banyak yang tetap menggunakan ayam kampung karena dagingnya tahan pengolahan (tidak hancur dalam pengolahan). Selain itu daging ayam kampung memiliki keunggulan dibandingkan daging ayam broiler, karena kandungan nutrisi yang lebih tinggi . Bagian Daging dada ayam ini termasuk makanan utama atlet binaraga. Dagingnya mengandung 19 jenis protein dan asam amino yang tinggi
Sekilas Tentang Ayam Kampung
 Ayam kampung adalah sebutan di Indonesia bagi ayam peliharaan yang tidak ditangani dengan cara budidaya massal komersial serta tidak berasal-usul dari galur atau ras yang dihasilkan untuk kepentingan komersial tersebut.Ayam kampung tidak memiliki istilah ayam kampung petelur ataupun pedaging. Hal ini disebabkan ayam kampung bertelur sebagaimana halnya bangsa unggas dan mempunyai daging selayaknya hewan pada umumnya.Nama ilmiah untuk ayam kampung adalah Gallus domesticus. Aktifitas penternakan ayam kampung telah ada sejak jaman dahulu
Tips Beternak Ayam kampung
Mengubah sistem beternak ayam kampung dari sistem ekstensif  ke sistem semi intensif atau intensif memang tidak mudah, apalagi cara beternak sistem tradisional (ekstensif) sudah mendarah daging di masyarakat kita. Akan tetapi kalau dilihat nilai kemanfaatan dan hasil yang dicapai tentu akan menjadi faktor pendorong tersendiri untuk mencoba beternak dengan sistem intensif. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam usaha beternak ayam kampung, maka perlu kiranya memperhatikan beberapa hal berikut :
1. Bibit
Bibit mempunyai kontribusi sebesar 30% dalam keberhasilan suatu usaha peternakan. Bibit ayam kampung (DOC) dapat diperoleh dengan cara : dengan membeli DOC ayam kampung langsung dari pembibit, membeli telur tetas dan menetaskannya sendiri, atau membeli indukan untuk menghasilkan telur tetas kemudian ditetaskan sendiri baik secara alami atau dengan bantuan mesin penetas. Kami tidak akan menguraikan sisi negatip dan positif cara mendapatkan DOC ayam kampung karena akan memerlukan halaman yang panjang nantinya. Secara singkat DOC ayam kampung yang sehat dan baik mempunyai kriteria sebagai berikut : dapat berdiri tegap, sehat dan tidak cacat, mata bersinar, pusar terserap sempurna, bulu bersih dan mengkilap, tanggal menetas tidak lebih lambat atau cepat.
2. Pakan
Kita ketahui bersama bahwa pakan mempunyai kontribusi sebesar 30% dalam keberhasilan suatu usaha. Pakan untuk ayam kampung pedaging sebenarnya sangat fleksibel dan tidak serumit kalau kita beternak ayam pedaging, petelur atau puyuh sekalipun. Bahan pakan yang bisa diberikan antara lain : konsentrat, dedak, jagung, pakan alternatif seperti sisa dapur/warung, roti BS, mie instant remuk, bihun BS, dan lain sebagainya. Yang terpenting dalam menyusun atau memberikan ransum adalah kita tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi ayam kampung yaitu protein kasar (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg.
Jumlah pakan yang diberikan sesuai tingkatan umur adalah sebagai berikut :
•    7 gram/per hari sampai umur 1 minggu
•    19 gram/per hari sampai umur 2 minggu
•    34 gram/per hari sampai umur 3 minggu
•    47 gram/per hari sampai umur 4 minggu
•    58 gram/per hari sampai umur 5 minggu
•    66 gram/per hari sampai umur 6 minggu
•    72 gram/per hari sampai umur 7 minggu
•    74 gram/per hari sampai umur 8 minggu
Sedangkan air diberikan secara ad libitum (tak terbatas) dan pada tahap-tahap awal pemeliharaan perlu dicampur dengan vitamin+antibiotika.
3. Perkandangan
Syarat kandang yang baik : jarak kandang dengan permukiman minimal 5 m, tidak lembab, sinar matahari pagi dapat masuk dan sirkulasi udara cukup baik. Sebaiknya memilih lokasi yang agak rindang dan terhalangi oleh bangunan atau tembok lain agar angin tidak berhembus langsung ke dalam kandang.
Penyucihamaan kandang dan peralatannya dilakukan secara teratur sebagai usaha biosecurity dengan menggunakan desinfektan yang tepat dan tidak membahayakan bagi ternak itu sendiri. Banyak pilihan jenis desinfektan yang ditawarkan oleh berbagai produsen pembuatan obat.
Ukuran kandang : tidak ada ukuran standar kandang yang ideal, akan tetapi ada anjuran sebaiknya lebar kandang antara 4-8 m dan panjang kandang tidak lebih dari 70 m. Yang perlu mendapat perhatian adalah daya tampung atau kapasitas kandang. Tiap meter persegi sebaiknya diisi antara 45-55 ekor DOC ayam kampung sampai umur 2 minggu, kemudian jumlahnya dikurangi sesuai dengan bertambahnya umur ayam.
Bentuk kandang yang dianjurkan adalah bentuk postal dengan lantai yang dilapisi litter yang terdiri dari campuran sekam, serbuk gergaji dan kapur setebal ± 15 cm. Model atap monitor yang terdiri dari dua sisi dengan bagian puncaknya ada lubang sebagai ventilasi dan bahan atap menggunakan genteng atau asbes.
Pemeliharaan ayam kampung di bagi dalam dua fase yaitu fase starter (umur 1-4 minggu) dan fase finisher (umur 5-8 minggu). Pada fase starter biasanya digunakan kandang bok (dengan pemanas) bisa bok khusus atau juga kandang postal yang diberi pagar. Suhu dalam kandang bok biasanya berkisar antara 30-32°C. Pada fase finisher digunakan kandang ren atau postal seperti model pemeliharaan ayam broiler.
4. Manajemen Pemeliharaan
Manajemen atau tatalaksana pemeliharaan memegang peranan tertinggi dalam keberhasilan suatu usaha peternakan yaitu sekitar 40%. Bibit berkualitas serta pakan yang berkualitas belum tentu memberikan jaminan keberhasilan suatu usaha apabila manajemen pemeliharaan yang diterapkan tidak tepat. Sistem pemeliharaan pada ayam kampung bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu :
•    Ekstensif /tradisional (diumbar), tanpa ada kontrol pakan dan kesehatan
•    Semi intensif (disediakan kandang dengan halaman berpagar), ada kontrol pakan dan kesehatan ternak akan tetapi tidak ketat
•    Intensif (dikandangkan seperti ayam ras), ada kontrol pakan dan kesehatan dengan ketat
Model pemeliharaan ternak ayam kampung secara intensif lebih disarankan dari yang lainnya terutama dalam hal kontrol penyakit. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari cara beternak secara intensif, akan tetapi kami tidak dapat menguraikannya di sini.
5. Pengendalian Penyakit
Hal yang tak kalah pentingnya adalah pengendalian penyakit. Kita semua akan setuju dengan statement “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan tindakan antara lain :
1.    Menjaga sanitasi lingkungan kandang, peralatan kandang dan manusianya
2.    Pemberian pakan yang fresh dan sesuai kebutuhan ternak
3.    Melakukan vaksinasi secara teratur
4.    Pemilihan lokasi peternakan di daerah yang bebas penyakit
5.    Manajemen pemeliharaan yang baik
6.    Kontrol terhadap binatang lain
Berikut kami uraikan sedikit beberapa jenis penyakit yang kerap menyerang ayam kampung :
a. Tetelo (ND)
Penyebab : paramyxivirus
Gejala : ngorok dan batuk-batuk, gemetaran, kepala berputar-putar, kelumpuhan pada kaki dan sayap, kotoran berwarna putih kehijauan.
Pencegahan : vaksinasi secara teratur, sanitasi kandang, terhadap ayam yang terkena ND maka harus dibakar.
Pengobatan : belum ada
b. Gumboro (gumboro disease)
Penyebab : virus
Gejala : ayam tiba-tiba sakit dan gemetar serta bulu-bulunya berdiri, sangat lesu, lemah dan malas bergerak, diare putih di sekitar anus.
Pencegahan : vaksinasi teratur dan menjaga sanitasi kandang
Pengobatan : belum ada
c. Penyakit cacing ayam (worm disease)
Penyebab : Cacing
Gejala : pertumbuhan terhambat, kurang aktif, bulu kelihatan kusam.
Pencegahan : pemberian obat cacing secara berkala, sanitasi kandang yang baik, penggantian litter kandang secara berkala, dan mencegah serangga yang dapat menjadi induk semang perantara.
Pengobatan : pemberian obat cacing seperti pipedon-x liquid, sulfaquinoxalin, sulfamezatin, sulfamerazin, piperazin dan lain sebagainya
d. Berak kapur (Pullorum)
Penyebab : Bakteri Salmonella pullorum
Gejala : anak ayam bergerombol di bawah pemanas, kepala menunduk, kotoran melekat pada bulu-bulu disekitar anus
Pencegahan : mengusahakan induk terbebas dari penyakit ini, fumigasi yang tepat pada mesin penetas dan kandang
Pengobatan : noxal, quinoxalin 4, coxalin, neo terramycyn  atau lainnya
e. Berak darah (Coccidiosis)
Penyebab : protozoa Eimeria sp.
Gejala : anak ayam terlihat sangat lesu, sayap terkulai, kotoran encer yang warnanya coklat campur darah, bulu-bulu disekitar anus kotor, ayam bergerombol di tepi atau sudut kandang.
Pencegahan : mengusahakan sanitasi yang baik dan sirkulasi udara yang baik pula atau bisa juga dengan pemberian coccidiostat pada makanan sesuai takaran
Pengobatan : noxal, sulfaquinoksalin, diklazuril atau lainnya
6. Pasca Panen dan Pemasaran
Pemasaran ayam kampung pada dasarnya mudah karena disamping jumlah permintaan yang tinggi, harga ayam kampung masih tergolong tinggi dan stabil, sedang produksi masih terbatas. Ayam kampung dapat dijual dalam bentuk hidup atau sudah dipotong (karkas). Rumah tangga, pengepul ayam, pasar tradisional, warung, supermarket sampai hotel berbintang membutuhkan pasokan ayam kampung ini. Harga ayam kampung hidup berkisar antara Rp 19.000 – Rp 22.000/ekor di tingkat peternak.
7. Pengelolaan Produksi
Sebagai seorang peternak yang profesional maka perlu untuk menjaga agar produksi yang kita lakukan dapat memenuhi standar kualitas dan kontinuitas produk. Maka diperlukan pengelolaan atau pengaturan produksi agar usaha kita dapat berproduksi secara kontinyu. Untuk kekontinuitasan peluang bisnis perlu pengaturan dan penjadwalan secara teratur kapan DOC masuk dan kapan ayam di panen, karena hal itu lebih disukai oleh pengepul atau mitra kerja kita daripada hanya sekali panen dalam jumlah banyak. Tapi perlu diingat juga bahwa pengelolaan produksi sangat terkait dengan modal, ketersediaan kandang, jumlah ketersediaan DOC, dan jumlah permintaan ayam siap panen.

Baca Selengkapnya..

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel "Cara Ternak Ayam yang baik" Di Posting oleh: Spesialis Wasir dari Blog Pusat pengobatan herbal ampuh, dalam kategori . Melalui permalink http://www.herbaldenature.info/2012/03/cara-ternak-ayam-yang-baik.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal , pukul 09.11. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :
 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3